Pangdam III Siliwangi Dampingi Menristekdikti Menghadiri Acara KKN Tem

 Sat,18 August 2018


Pangdam III Siliwangi Dampingi Menristekdikti Menghadiri Acara KKN Tematik Di Bantaran Sungai Citaru

Indofakta 2018-07-31 16:13:14 Serba Serbi
Pangdam III Siliwangi Dampingi Menristekdikti Menghadiri Acara KKN Tematik Di Bantaran Sungai Citaru

BANDUNG  - Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, S.H.,M.Tr (Han) mendampingi Menteri Riset Dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D.,Ak, menghadiri Gebyar Edukasi 3R (Reuse, Reduce and Recycle) KKN Tematik Citarum Harum, yang digelar di desa Cilampeni Kecamatan Katapang Kabupaten Bandung, Senin (31/7). 

Berdasarkan Gebyar Edukasi 3R KKN tematik Citarum Harum dari Mahasiswa UPI ini, akan dilaksanakan di 22 Sektor yang ada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) Ciaturum dan 1 Sektor di Pembibitan.

Selama  KKN para Mahasiswa UPI tersebut akan melaksanakan edukasi kepada masyarakat agar tidak membuang sampah ke sungai, memberikan bantuan 2 Incinerator di Desa Mekar Rahayu, penyerahan secara simbolis bibit kopi robusta dan arabika hasil dari kultur jaringan, kemudian juga akan diserahkan secara simbolis, alat- alat olah raga seperti bola voli dan bola sepak yang diserahkan kepada setiap Desa.

Rilis yang diterima indofakta.com dari Pendam III/Siliwangi (31/7/2018) menyebutkan, Turut hadir pada acara tersebut  Deputi IV Bidang Koordinasi SDM Iptek dan Kebudayaan Maritim Safri Burhanudin,  serta jajaran Forkopimda Jabar.

Pada kesempatan itu, Deputi IV Bidang Koordinasi SDM, Iptek dan Kebudayaan Maritim mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi dan semua pihak terkait yang telah mensukseskan program Citarum Harum.

Menurutnya, " dengan keluarnya Perpres nomor 15 tahun 2018 Tentang Percepatan Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Daerah Aliran Sungai Citarum, akan mempercepat Sungai Citarum menjadi Sungat Terbersih ".

Sementara itu, Menteri Riset Dan Teknologi Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir Ph.D., Ak menyampaikan bahwa, " pada Gebyar edukasi 3 R Citarum Harum ini, merupakan salah satu upaya untuk menata dan memperbaiki ekosistem DAS Citarum, setelah sempat pada tahun 2017, The Newyork Times menobatkan Sungai Citarum sebagai Sungai Terkotor di Dunia namun saat ini sudah bisa kita lihat kemajuan hasilnya ".

Lebih lanjut , Menristekdikti meyakini bahwa  dengan upaya bersama dan melibatkan semua komponen maka  Sungai Citarum akan kembali harum. “Tidak perlu menunggu waktu sampai 7 tahun, tapi cukup 2 tahun saja”, tegas nya. 

Mohamad Nasir mengucapkan terima kasih kepada Pangdam III/Siliwangi selaku Wadansatgas bidang ekosistem yang mengkoordinasikan kegiatan Satgas Citarum Harum di lapangan serta upaya yang dilakukan dengan  mendatangi pelaku Industri untuk di edukasi tidak membuang limbah beracun ke Sungai Citarum, karena hal tersebut sama saja dengan membunuh kehidupan secara pelan - pelan serta merusak masa depan generasi penerus karena
pencemaran akan sangat  mengganggu kesehatan dan perusakan lingkungan. 

Pada kesempatan yang sama, Rektor UPI Prof. DR. H RD Asep Kadarohman menjelaskan gebyar Edukasi 3R (Reuse, Reduce, dan Recycle) KKN Tematik Citarum Harum, merupakan Implementasi  dari perpres No. 15 Tahun 2018  dengan tujuan, meningkatkan kesadaran dan partisipasi masyarakat serta mahasiswa, dalam melakukan pemeliharaan terhadap sungai Citarum. (Y CHS).

Berita Terkait