Fri,19 October 2018


UMY Salurkan Zakat Institusi

Indofakta 2018-07-29 06:57:23 Edukasi
UMY Salurkan Zakat Institusi

BANTUL -- Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) memberikan bantuan dana zakat institusi bagi 87 lembaga yang mengajukan proposal bantuan, melipuri masjid, sekolah, dan lembaga lainnya yang berada di bawah naungan Pimpinan Cabang Muhammadiyah atau Pimpinan Ranting Muhammadiyah. 

Mereka itu adalah yang berhasil lolos seleksi dari 107 lembaga yang mengajukan proposal bantuan kepada UMY.

Menurut Drs. Sukiman, MA, Sekretaris Badan Pengurus Harian UMY, potensi umat Islam sangat mumpuni dalam pemberdayaan ekonomi, khususnya pada warga Muhammadiyah. "Pada pentasyarufan zakat institusi semester ini, para penerima diharapkan untuk mengoptimalkan bantuan yang diberikan," kata Sukiman. 

Dijelaskan Sukiman, setiap tahunnya proposal yang diajukan ke UMY selalu meningkat. "Ini membuktikan, Muhammadiyah sudah berkomitmen mengembangkan lembaga maupun usaha," tandas Sukiman. 

Pada tahun ini, yang diterima hanya 87 proposal dengan total dana zakat sebesar Rp 1.263.000.000,- juta. "Dan pencairan dana zakat itu dilihat dari skala prioritas program yang diajukan ke UMY,” papar Sukiman, saat menyampaikan di loby Rektorat UMY, Sabtu (28/7/2018).

Disampaikan Drs. Bambang Rahmanto, Ketua Tim Zakat Institusi UMY, dalam proses pencairan dana itu penerima dana harus membuat rekening bank BMT UMY. Selanjutnya, mengisi form permohonan bantuan yang diketahui Pimpinan Ranting dan Cabang Muhammadiyah) atau Pimpinan Ranting dan Cabang Aisyiyah), yang nantinya akan disetujui oleh Ketua Tim Zakat Institusi UMY. 

Selain itu, penerima dana juga perlu membuat laporan pertanggungjawaban tentang penggunaan dana yang telah diberikan, dengan melampirkan kuitansi asli dan diketahui PRM/PRA dan PCM/PCA. 

"Jika tidak membuat laporan pertanggungjawaban, maka semester selanjutnya jika mengajukan proposal tidak akan diterima," papar Bambang Rahmanto.

Rektor UMY, Dr. Gunawan Budianto, MP, menyampaikan, tidak semua keseluruhan dana proposal dicairkan. "Karena masih banyak beberapa lembaga yang perlu dibantu," tandas Gunawan. 

Saat ini, ada beberapa universitas yang sedang dibina dan butuh bantuan secara materil maupun tenaga dari UMY. "Salah satunya Universitas Muhammadiyah Ambon," terang Gunawan, yang berharap zakat intitusi ini bisa menjadikan pengembangan secara menyeluruh bagi warga Muhammadiyah dan bisa loyalitas terhadap produk-produk yang dikembangkan oleh Muhammadiyah. (Affan)

Berita Terkait


 Terbaru