Pencarian Berita


Dansektor Kunjungi Pengolahan Limbah di Cina

Dansektor Kunjungi Pengolahan Limbah di Cina

BANDUNG - Untuk meningkatkan kemampuan dalam rangka penanganan revitalisasi Sungai Citarum Harum, beberapa Dansektor Satgas Citarum Harum bersama pemerhati lingkungan lainnya diberangkatkan untuk laksanakan study banding ke Negara Tirai Bambu Cina, Jumat (27/7).

Dari Kodam III/Siliwangi Yang turut diberangkatkan diantaranya adalah Dansektor 4 Kolonel Inf. Kustomo, Dansektor 6 Kolonel Inf. Yudi Zanibar, S.I.P,  Dansektor 7 Kolonel Kav. Purwadi, Dansektor 8 Kolonel Inf. Aby Ismawan, SE dan Dansektor 21 Kolonel Inf. Yusep Sudrajat, S.Sos.,MM.

Menurut rilis Pendam III/Siliwangi yang diterima indofakta.com (27/7/2018), Perlu kita ketahui bahwa revitalisasi daerah aliran sungai (DAS) Citarum untuk memperbaiki lingkungan, utamanya Sungai Citarum mulai dari hulu hingga hilir yang nantinya akan dijadikan contoh penanganannya bagi DAS – DAS lainnya yang ada di Indonesia.

Program revitalisasi ini dilaksanakan secara terintegrasi tersebut diantara melibatkan Pemerintah Pusat, Pemerintah Provinsi, hingga Pemerintah Kabupaten dan Kota yang melibatkan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) juga.

Dengan diberangkatkannya para Dansektor dan pegiat lingkungan tersebut bertujuan untuk dapat membaca, melihat dan mendengar apa yang ada di sekitarnya untuk dapat mengambil inti sari dari lawatannya untuk dapat diterapkan dalam penanganan revitalisasi Sungai Citarum.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan di Negeri Tirai Bambu tersebut, rombongan mengunjungi lokasi proyek pengolahan limbah padat pertama di Cina selanjutnya lapang system pengolahan limbah air Kota dan kunjungan ke lingkungan Kota. Selanjutnya dihari berikutnya pengenalan peralatan dan teknologi penting (Display foto dan Video), kunjungan ke Laboratorium pendidikan teknologi pembersihan mikroba, alga dan lumut. 

Selain itu rombongan menghadiri seminar oleh Prof. Wang Ho dari The Hongkong Chinese University, Shenzen lalu meninjau Shenzhen Water Planning and Design Institute Co, Ltd dan peninjauan ke Teluk Shenzhen, Dongshen Water Supplay Project, Sungai Futian, Sungai Longgang dan Proyek besar pengolahan air lainnya dan kunjungan ke Pusat Perdagangan di Provinsi Fujian (Pilot Free Trade Center) di Xiamen.

Selama Para Dansektor melaksanakan tugas ke Luar Negeri, tugas di lapang diambil alih oleh Perwira tertua di masing – masing sektor untuk dapat mengendalikan personilnya dan tetap melaksanakan kegiatan – kegiatan rutin bersama masyarakat dan stackholder lainnya, patroli Sungai Citarum dan pengawasan terhadap pabrik – pabrik dan industry. (Y CHS).