Pendaftar Bacaleg Pertama, DPD Nasdem Simalungun Optimis Menang

 Wed,15 August 2018


Pendaftar Bacaleg Pertama, DPD Nasdem Simalungun Optimis Menang

Indofakta 2018-07-17 19:51:22 Politik
Pendaftar Bacaleg Pertama, DPD Nasdem Simalungun Optimis Menang

SIMALUNGUN -- DPD Partai Nasdem Simalungun pendaftar pertama menyerahkan berkas dokumen bacalegnya ke KPU Simalungun, Jalan Jhon Horailam, Pematang Raya, Kabupaten Simalungun, Selasa (17/7) sekira Jam 12.00 wib.

 

Penyampaian berkas Pendaftaran bacaleg tersebut diserahkan oleh Ketua DPD Partai Nasdem Simalungun, Ida Masta Saragih didampingi Sekretaris DPD Nasdem, Bernhard Damanik SE beserta peserta bacaleg.

   

Bernhard Damanik saat diwawancarai media ini di Aula KPU Simalungun mengatakan bahwa Partai Nasdem sudah siap ikut serta dan bertarung dalam pesta demokrasi pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 mendatang.

 

"Kita dari DPD Partai Nasdem Simalungun Pendaftar pertama di KPU Simalungun ini, kita sangat bangga terkait pemberkasan 50 bacaleg dari Nasdem yang kami nilai ini sudah lengkap, artinya DPD Nasdem Simalungun dimulai administrasi sudah siap ikut serta dalam pesta demokrasi Pileg 2019 mendatang,"ujarnya.

   

Saat ditanyai lebih lanjut, Benhard Damanik menjelaskan sesuai Motto Partai Nasdem Gerakan Restorasi dan Gerakan , Partai Nasdem tanpa mahar dan memberikan keringanan bagi Bacaleg, selain itu sebelum penyerahan berkas, pihaknya terlebih dahulu melakukan proses seleksi terhadap bacaleg per dapil.

   

”Peserta bacaleg dari DPD Partai Nasdem Simalungun kita ada proses seleksi apakah bacaleg mempunyai elektabilitas atau sudah dikenal oleh masyarakat, juga punya ekstalitasi Politik, jadi bacaleg dari DPD Nasdem Simalungun adalah pilihan untuk melakukan perubahan yang lebih baik lagi,”sebutnya.

    

Masih Bernhard Damanik menerangkan bahwa Caleg dari DPD Partai Nasdem Simalungun memiliki 19 perempuan dari 50 peserta.”DPD Nasdem Simalungun ada 50 Caleg sesuai dengan kursi DPRD, 38 persen keterwakilan perempuan sebanyak 19 orang,”terangnya.

   

Diterangkannya bahwa Kabupaten Simalungun memiliki 6 Daerah pemilihan (Dapil) yakni Dapil 1 meliputi Kecamatan Purba, haranggaol, Silimakuta, Raya, Pematang Silimakuta, Raya Kahean, Dolok Silau, Silau Kahean dan Dolog masagal.Untuk dapil II meliputi Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Tapian Dolok, Gunung Maligas dan Siantar.

   

Sementara untuk Dapil III meliputi Kecamatan Gunung Malela, Pematang Bandar, Bandar masilam dan Bandar Huluan, Untuk Dapil IV meliputi Kecamatan Bosar maligas, Bandar dan Ujung Padang.

   

“Sedangkan Dapil V meliputi  Kecamatan Tanah Jawa, Hatonduhan, Huta Bayu Raja dan Jawa Maraja bah Jambi dan untuk Dapil VI meliputi Kecamatan Panei, Pematang Sidamanik Jorlang Hataran, Panombeian Panei, Dolok Panribuan, Girsang Sipangan Bolon, Sidamanik dan Dolok Pardamean,”ucapnya.

  

Ditambahkannya bahwa pihaknya sudah menerima surat penelitian kelengkapan dan keabsahan dokumen pengajuan Bacaleg Pileg 2019 dari KPU.”Dokumen yang kita serahkan tadi sudah diverifikasi dan hasilnya jenis dokumen Model B , B1,B2,B3 serta SK keanggotaan parpol dinyatakan lengkap sesuai surat penelitian dari KPU yang kita terima.Persiapkanlah dirimu, lakukanlah pendidikan politik ditengah-tengah masyarakat, mari berjuang dan kita siap untuk tidak korupsi ketika terpilih menjadi DPRD,”pungkasnya.

   

Sementara Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik ST saat dikonfirmasi diaula KPU tersebut mengatakan pada jam 16.00 wib, baru 5 Parpol yang mendaftar.

   

 “Jam 16.00 wib, masih 5 parpol yang mengusulkan bacalegnya yakni Partai Nasdem, PKS, Golkar, Perindo dan satu lagi PKB dokumennya kita serahkan kembali ke Parpol karena kurang lengkap,”tuturnya.

   

Masih Adelbert Damanik pihaknya masih menunggu Parpol lainnya hingga Jam 24.00 wib. “Kita tunggulah parpol lain sampai tutup Jam 24.00 wib, apabila lewat batas waktu kita tidak layani lagi,”tandasnya. (Gir)

 

Berita Terkait