Bupati Halsel Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD soal LKPJ 2

 Wed,15 August 2018


Bupati Halsel Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD soal LKPJ 2017

Indofakta 2018-07-16 19:17:48 Politik
Bupati Halsel Sampaikan Jawaban Atas Pandangan Fraksi DPRD soal LKPJ 2017

HALMAHERA SELATAN - Bupati Halmahara Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara, Bahrain Kasuba menyampaikan jawabannya atas pandangan umum fraksi-fraksi di DPRD terkait  Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) pelaksanaan anggaran tahun 2017. Jawaban itu disampaikan melalui rapat Paripurna yang berlangsung di ruang Paripurna DPRD Halsel, Senin (16/7/2018). 


Rapat paripurna yang dipimpinan wakil ketua I DPRD Halsel, Asnawi Lagalante itu, Bupati Bahrain menyampaikan, pihaknya menyadari bahwa dalam menjalankan pengelolaan keuangan daerah dengan berbagai dinamika perubahan dan penyesuaian peraturan yang terus dilakukan kementrian dan lembaga terkait sehingga kemudian masih ada kekurangan yang perlu sama-sama diperbaiki.

 

"kita juga tidak dapat pungkiri dengan kerja keras kita semua pihak baik legislatif dan eksekutif kita dapat memperoleh opini WTP dari BPK yang merupakan indikator keberhasilan kinerja pengelolaan keuangan,"tandasnya. 


Terkait dengan catatan dan saran yang disampaikan hampir semua fraksi tentang capaian realisasi PAD sebesar Rp75,17 persen atau Rp28,8 miliar dari target sebesar Rp38,4 miliar yang itu tentunya belum maksimal terutama beberapa sumber PAD yang realisasinya dibawah 60 persen diantaranya PBB pedesaan dan perkotaan, retribusi pelayanan persampahan, retribusi pelayanan parkir tepi jalan umum, retribusi pelayanam pasar, retribusi pengujian kendaraan bermotor, retribusi terminal, retribusi tempat rekreasi dan olahraga, retribusi izin gangguan, izin trayek, izin perikanan dan retribusi kartu pengawasan trayek. Hal ini disebabkan karena belum maksimalnya penagihan terhadap wajib pajak dan wajib retribusi serta penetapan target yang terlalu tinggi. 


Oleh karena itu kata Bupati, Pemda akan terus melakukan upaya evaluasi dan perbaikan diantaranya mengintensifkan penagihan pajak dam retribusi, melakukan sosialisasi untuk menumbuhkan kesadaran membayar pajak dan retribusi kepada wajib pajak dan wajib retribusi serta upaya-upaya lainnya.


 "Dimana kami sangat berharap pihak legislatif terus memberikan saran dan masukan agar upaya yang kami lakukan dapat maksimal,"tukasnya. Mantan ketua DPRD Halsel itu juga menjawab beberapa pandangan umum fraksi lainnya (Iron)

Berita Terkait