Wed,19 September 2018


Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2018

Indofakta 2018-07-10 11:01:00 Iptek
Kontes Robot Indonesia Tingkat Nasional 2018

BANTUL – Universitas Muhmmadiyah Yogyakarta kembali dipercaya oleh kementerian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi untuk menggelar kontes robot tingkat Nasional 2018. Acara KRI Nasional ini akan diselenggarakan mulai dari tanggal 10 hingga 13 Juli 2018. 5 macam robot akan dipertandingkan.

Kelima macam robot tersebut akan tergabung dari 5 divisi yang berbeda, yaitu Kontes Robot ABU Indonesia (KRAI), Kontes Robot Pemadam Api Indonesia (KRPAI), Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Humanoid, Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) Beroda, dan Kontes Robot Seni Tari Indonesia (KRSTI). 

Bapak Sri Atmaja P .Rosyidi, ST., MSc. Eng., Ph.D., PE Ketua panitian KRI 2018 mengatakan, kontes ini selalu memiliki tema berbeda setiap tahunnya. Kontes Robot ABU Indonesia memiliki tema “Lempar Bola Berkah”. Kontes Robot Api Indonesia memiliki tema “Robot Pemadam Api Berkaki”. Kemudian untuk kategori KRSBI Beroda ialah “Sepak Bola Robot Menuju Liga Sepak Bola Robot Tahun 2050”. Sedangkan untuk KRSBI Humanoid mengusung tema “Liga Sepak Bola Robot Humanoid menuju tahun 2050”. Sedangkan untuk kontes Robot Seni Tari Indonesia mengangkat tema “Robot Penari Remo”. 

KRI Nasional 2018 ini diikuti oleh 91 team peserta yang berasal dari 48 perguruan tinggi di Indonesia. KRI Nasional 2018 ini juga akan diramaikan dengan acara Symposium Robotik yang akan digelar pada Selasa(10/7), serta bazar Expo dan pameran robot yang diikuti oleh TNI-AD.

Kontes robot ini terbuka bagi masyarakat umum yang ingin menyaksikan pertandingan dari kelima macam robot tersebut. Pendaftaran penonton dapat dilakukan secara online di laman kri.umy.ac.id dan on desk di Sportorium UMY venue utama perlombaan. (sulist)

Berita Terkait


 Terbaru