Tue,17 July 2018


Satrenarkoba Polres Simalungun Berhasil Meringkus Bandar Narkoba

Indofakta 2018-07-09 20:51:37 Hukum / Kriminal
Satrenarkoba Polres Simalungun Berhasil Meringkus Bandar Narkoba

SIMALUNGUN -- Apes dialami Imam Afandi (21) Pekerja Kuli bangunan warga Karangsari, Huta II, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun dan Irwansyah Koto alias Iwan (38) warga Jalan Singosari, Kelurahan Martoba, Kecamatan Siantar Utara tak berkutik saat diringkus Petugas Satres Narkoba Polres Simalungun dari dua lokasi yang berbeda, Senin (9/7) sekira Jam 14.00 wib.

    

Pasalnya saat dilakukan penggeledahan, dari kedua pelaku ditemukan barang bukti berupa 4 paket sabu, handphone dan uang sejumlah Rp 140 ribu.

   

Awalnya Pelaku Iman berhasil diringkus dari Simpang Silalahi, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun, Minggu (8/7) sekira jam18.30 wib, dua jam kemudian petugas berhasil menangkap bandarnya yakni Iwan dari rumahnya setelah dikibusi oleh Imam.

   

Penangkapan tersebut berawal Petugas Sat Narkoba Polres Simalungun mendapat informasi dari masyarakat bahwa di Simpang Silalahi, Kecamatan Gunung Maligas, Kabupaten Simalungun sering terjadi transaksi dan penyalahgunaan narkotika jenis sabu.

   

Atas dasar informasi tersebut sekira Jam 18.30 wib Petugas langsung melakukan penyelidikan terkait informasi yang dimaksud, setiba dilokasi, petugas melihat ada tiga orang laki-laki berboncengan dengan mengendarai kereta dengan gerak gerik mencurigakan.

   

Target sudah didepan mata, Petugas langsung melakukan penyergapan dan pada saat dilakukan penangkapan, dua orang berhasil melarikan diri dan seorang bernama Imam Afandi berhasil diamankan karena darinya ditemukan barang bukti dua paket sabu.

   

Saat diintrogasi Imam Afandi mengaku bahwa barang haram tersebut diperoleh dari temannya Iwan yang berada di Jalan Singosari Kota Siantar. Mendengar pengakuan Pelaku, Petugas langsung bergerak cepat menuju rumah Iwan.

   

Dalam pengintaian dan memastikan pelaku Iwan berada dirumahnya, petugas langsung melakukan penangkapan serta penggeledahan ditemukan dua paket sabu, handphone dan sejumlah uang.

    

Selanjutnya Petugas kembali melakukan introgasi terhadap Iwan menjelaskan bahwa sabu yang ia miliki berasal dari temannya Amin Fii, namun hingga sampai saat ini dilakukan pengembangan dan pencarian terhadap Amin Fii guna mengungkap jaringan narkotika yang lebih besar khususnya diwilayah kabupaten simalungun.

   

Sementara kedua pelaku berikut barang bukti langsung diboyong ke komando untuk diproses pemeriksaan lebih lanjut guna melengkapi data penyidikan.

   

Kasat Narkoba Polres Simalungun, AKP Juriadi MH saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (9/7) sekira jam 14.00 wib, membenarkan penangkapan tersebut.

   

”Kedua pelaku berikut barang bukti masih kita periksa di Pos Sat Narkoba. Penangkapan tersebut berdasarkan informasi dari masyarakat,”ujarnya.

   

Masih AKP Juriadi mengatakan bahwa pihaknya masih melakukan pengembangan untuk mengungkap jaringan yang lebih besar lagi. “Kita masih melakukan pengejaran dan berupa meringkus pelaku yang terlibat dalam jaringan narkoba ini. Atas perbuatannya maka para pelaku dijerat pasal 114 subs Pasal 112 UU RI No 35 tahun 2009 tentang narkotika,”pungkas perwira balok tiga emas dipundaknya itu. (Gir)  

 

Berita Terkait