Tue,25 September 2018


Dirkamla Agung Endra:Tingkatkan Sinergitas,Wujudkan Perairan Indonesia Aman dan Sejahtera

Indofakta 2018-07-06 09:08:28 Daerah
Dirkamla Agung Endra:Tingkatkan Sinergitas,Wujudkan Perairan Indonesia Aman dan Sejahtera
LOMBOK ,-- Direktorat Kebijakan  pada  Bakamla ( Badan Keamanan Laut ) kembali menggelar Forum Group diskusi (FGD) ke III dengan mengambil tema "PENINGKATAN SINERGITAS ANTARA BAKAMLA DENGAN INSTANSI TERKAIT DAN MASYARAKAT MARITIM DALAM RANGKA MENANGANI PERMASALAHAN ANCAMAN, TANTANGAN, HAMBATAN DAN GANGGUAN KEMANAN DAN KESELAMATAN GUNA TERWUJUDNYA WILAYAH PERAIRAN DAN WILAYAH YURISDIKSI INDONESIA YANG AMAN, DAMAI SEJAHTERA DAN LESTARI" pembukaan dilakukan  di Hotel Jayakarta Lombok,Rabu ( 4/7/18 ) .
 
FGD yang berlangsung selama 3 hari itu dihadiri  kurang lebih 20 peserta yang terdiri dari unsur Kejaksaan, Polair NTB, Hubla, PSDKP, INSA  dan Masyarakat Maritim wilayah Lombok.

Dalam sambutan Kepala Bakamla yang diwakili Direktur Kebijakan Keamanan laut I Gusti Ngurah Agung Endrawan,SH.MHmengatakan,Bakamla mengingatkan bahwa Penanganan segala bentuk ancaman, hambatan, tantangan dan gangguan secara bersinergi dan terintegrasi menjadi perhatian BAKAMLA RI.

 “Dengan fokus pada tugas Bakamla yaitu Patroli Keamanan dan keselamatan di laut dengan mengedepankan sinergitas dengan seluruh instansi terkait serta didukung peralatan tekhnologi informasi guna mendukung terwujudnya keamanan dan keselamatan di laut,” tegas Agung Endrawan.

Dalam FGD ke III yang berlangsung  di Lombok itu di hadiri tiga narasumber yaitu dari kelompok kerja  BAKAMLA RI, Danlanal Mataram dan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi NTB.

Dalam FGD disepakati bahwa sangat diperlukan sinergitas antara instansi terkait yang mempunyai kewenangan di laut dalam mewujudkan keamanan dan keselamatan di laut.

“Sifat egosektoral merupakan penghambat yang harus dihilangkan mengingat sangat luasnya wilayah perairan Indonesia yang harus dijaga kemanan dan keselamatannya demi tercapainya cita cita Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia,” papar Agung.

Pria yang dikenal murah senyum itu di percayakan  Pimpinan  Bakamla sebagai Direktur Kebijakan Keamanan laut pada deputi bidang Kebijakan dan Strategi sejak sejak beberapa bulan yang lalu untuk peningkatan patrol keamana laut,pembangunan system peringatan dini,peningkatan sinergitas,peningkatan kerjasama dalam dan luar negeri dalam bidang keamanan laut dan keselamatan laut,peningkatan sarana dan prasarana dan sejumlah tugas-tugas terkait kebijakan dan keamanan laut. (  Zer )

 

Berita Terkait


 Terbaru