Wed,26 September 2018


Animo Pemilih Simalungun Masih Tinggi Golput 38 Persen

Indofakta 2018-06-30 19:43:14 Politik
Animo Pemilih Simalungun Masih Tinggi Golput 38 Persen

SIMALUNGUN -- Ternyata animo warga Kabupaten Simalungun untuk memilih kepala Daerah dalam partisipasi pesta demokrasi Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur (Pilgub) Sumatera utara 2018 masih tinggi.

   

Terbukti dari kehadiran masyarakat pengguna hak pilih datang ke TPS untuk mencoblos mencapai 62,08 persen dari jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 607.181 orang.

 

Bahkan masih ada beberapa warga kalangan orangtua jompo memaksakan dirinya datang ke TPS untuk memilih akan tetapi ia hanya memiliki KTP lama,             

Namun meskipun pihak KPPS dan Panwas tidak memperkenankan karena syarat yang berlaku harus membawa KTP Elektronik sesuai Peraturan KPU nomor 8 pasal 7 ayat 2 mewajibkan pemilih menunjukkan KTP Elektronik atau Surat Keterangan dari Dukcapil selain membawa formulir undangam C6-KWK, saat akan menyalurkan hak pilih di TPS pada Pilkada Serentak 27 Juni mendatang.

   

Setelah penghitungan surat suara, Perolehan suara pasangan calon (Paslon) sementara di Kabupaten Simalungun dimenangkan oleh Djarot Saiful Hidayat-Sihar Sitorus (Djoss) dengan perolehan suara sebanyak 190.170 suara, sedangkan Edy Ramhayadi- Musa Rajekshah memperoleh suara sebanyak 178.135 suara.

   

Ketua KPU Simalungun, Adelbert Damanik ST saat dikonfirmasi melalui selulernya, Sabtu (30/6) sekira Jam 15.00 wib, mengatakan tingkat partisipasi pemilih mencapai 62,08 persen.”Kehadiran pemilih mencapai 62,08 persen berarti animo masyarakat Simalungun untuk memilih masih tinggi,”ujarnya.

  

Saat ditanyai lebih lanjut, Adelbert Damanik mengatakan bahwa pihaknya belum mengetahui perolehan suara yang pasti karena pihaknya belum melakukan rapat Pleno Kabupaten.

   

”Kita belum tau jumlah sebenarnya, karena saat ini masih ada rapat Pleno Kecamatan, semalam sudah 12 Kecamatan kotak suaranya diserahkan ke KPU, hari ini masih banyak diperjalanan menuju KPU,”sebutnya.

   

Masih Adelbert Damanik menerangkan setelah 32 Kecamatan se Kabupaten Simalungun menyerahkan kotak suara ke KPU, pihaknya akan melakukan rapat Pleno diantara tanggal 4 dan 6 Juli mendatang.”Setelah seluruh Kecamatan menyerahkan kotak suara, KPU Simalungun akan rapat Pleno antara tanggal 4 dan 6 Juli,”jelasnya.

   

Data dihimpun, peroleh suara Djoss-Sihar Sitorus unggul di Simalungun atas berada di 19 Kecamatan yakni,Kecamatan Silimakuta,Kecamatan Pamatang Silimakuta, Kecamatan Purba, Kecamatan Haranggaol Horison, Kecamatan Dolok Silau, Kecamatan Raya Kahean, Kecamatan Raya, Kecamatan Dolok Masagal, Kecamatan Dolok pardamean.

   

Kecamatan Panei, Kecamatan Panombean pane, Kecamatan Sidamanik, Kecamatan Pematang Sidamanik, Kecamatan Dolok Panribuan, Kecamatan Jorlang Hataran,Kecamatan Girsang Sipangan bolon,Kecamatan Tanah jawa,Kecamatan Hatonduan dan Kecamatan Huta bayuraja.

   

Sedangkan Edy Rahmayadi-Musa Rajekshah unggul di daerah Simalungun bawah di 13 Kecamatan yakni Kecamatan Bandar,Kecamatan Bandar huluan ,Kecamatan Bandar masilam, Kecamatan Pematang Bandar.

  

Kecamatan Tapian Dolok, Kecamatan Dolok Batu Nanggar, Kecamatan Jawa Maraja Bahjambi, Kecamatan Silau Kahean, Kecamatan Bosar Maligas, Kecamatan Ujung Padang, Kecamatan Kecamatan Siantar, Kecamatan Gunung malela dan Kecamatan Gunung Maligas. (Gir)

 

 

 

 

Berita Terkait