Sat,22 September 2018


Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan TPS Pemilukada Kabupaten Sumedang Tahun 2018

Indofakta 2018-06-25 14:18:45 Daerah
Apel Gelar Pasukan Dalam Rangka Kesiapan Pengamanan TPS Pemilukada Kabupaten Sumedang Tahun 2018

SUMEDANG -- Bupati Sumedang, Ir. H. Eka Setiawan beserta unsur Forkopimda Kab. Sumedang, kepala SKPD, camat serta unsur terkait lainnya menghadiri acara Apel Gelar Pasukan dalam rangka persiapan pengamanan pilkada serentak tahun 2018 di Halaman Polres Sumedang, Senin (25/6).

AKBP Hartoyo, S.I.K., M.H selaku pembina apel mengatakan bahwa jumlah tempat pemungutan suara (TPS) di Kabupaten Sumedang sebanyak 2.026 dan akan dijaga oleh 1 anggota kepolisian di masing-masing TPSnya.

“Anggota yang terlibat dalam pengamanan TPS, harus bisa mengenali lingkungannya, mulai dari KPPS (Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara ) hingga antisipasi konflik yang akan terjadi di lapangan,” kata Hartoyo.

Disampaikan Kapolres lebih lanjut, para petugas Pam TPS bisa bekerjasama serta bahu membahu dengan Linmas dan petugas lainnya saat pelaksanaan Pilkada di TPS. 

Menurut Hartoyo, para anggota kepolisian yang bertugas mengamankan pilkada tersebut akan melaksanakan pengamanan di TPS selama dua hari. ‘’Saya berharap, para petugas TPS mematuhi seluruh peraturan yang ada serta menggunakan seragam polisi sesuai aturan. Untuk seragam polisi yang dipergunakan adalah seragam polisi tugas umum,’’ ujarnya.

Ditegaskan Hartoyo, tugas pengaman pilkada meliputi 3 hal diantaranya mengamankan petugas dan para pemungut suara, pengamanan barang seperti logistik pemilu dan pengamanan tempat pelaksanaaan pemungutan suara. “Pesan saya, jaga kesehatan kemudian lapor cepat apabila terjadi sesuatu di TPS, agar sesegera mungkin dapat diantisipasi,” ujarnya.

Diakhir sambutannya, Kapolres Hartoyo berpesan agar TNI/Polri tetap menjaga netralitasnya serta berperan aktif dalam menjaga keamanan demi suksesnya perhelatan pilkada tahun 2018.

“Mari kita sama-sama berdoa, semoga Polri bisa mengamankan pilkada dengan sebaik-baiknya. Siapapun yang terpilih nantinya, mudah-mudahan bisa memimpin Sumedang menjadi lebih baik. Semoga Allah SWT memberikan kekuatan dan hidayah agar Pilkada di Sumedang dapat berjalan dengan lancar,” kata Kapolres diakhir sambutannya. (hms/rls)

 

Berita Terkait


 Terbaru