Tue,17 July 2018


Bupati Meminta Pengelola BOS Lebih Transparan

Indofakta 2018-06-24 20:18:10 Edukasi
Bupati Meminta Pengelola BOS Lebih Transparan

HALMAHERA SELATAN - Bupati Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel)  Bahrain Kasuba menutup dengan resmi Kegiatan Sosialisasi Bantuan Operational Sekolah (BOS) tahun 2018, di Aula Kantor Bupati, Minggu,  (24/06/18).

Sebanyak 412 Pengelola dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) baik SD maupun SMP di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Sekolah pengelolaan BOS sebanyak 412 sekolah tersebut terdiri dari  SD sebanyak 249 sekolah,  sedangkan SMP 114 sekolah.

Kegiatan sosialisasi BOS ini berjalan selama dua hari, sejak dibuka pada Sabtu 23 Juni oleh Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Umar Iskandar Alam. 

Bupati Halsel Bahrain Kasuba menjelaskan, bahwa sosialisasi ini dalam rangka meningkatkan serta memberikan pemahaman tentang penggunaan dana Bantuan BOS dan sistematika anggaran BOS yang tepat sasaran dan dapat dipertanggungjawabkan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku agar tercipta tertib administrasi dan akuntabel. 

Bupati juga meminta kepada pengelola dana BOS harus mampu dan transparan didalam pengelolaannya, bahkan bupati juga mengingatkan agar pengelola sekolah diharapkan dapat berjalan baik, terlebih terhadap bantuan yang diterima pihak sekolah, apalagi dana BOS berguna untuk meringankan beban masyarakat dalam pembiayaan pendidikan untuk menyukseskan wajib belajar sembilan tahun. 

"Penggunaan dana BOS sebaiknya tepat sasaran tanpa penyelewengan sehingga kedepan semakin maju dan berkualitas serta menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas," kata Bupati.  

Bupati berharap, para pengelola BOS,  setelah mengikuti kegiatan ini agar lebih paham dengan regulasi dan tata cara pengelolaan dana BOS, sehingga tidak menimbulkan temuan auditor, karena kesalahan pengadministrasian apalagi penyelewengan dana. 

Kegiatan ini juga dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekertaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan,  serta para Kepala-Kepala Sekolah dan Guru-Guru, di Kabupaten Halsel. (Iron).

Berita Terkait