Wed,18 July 2018


Disdukcapil Simalungun Keluarkan Suket Untuk 7077 Pemilih Pemula

Indofakta 2018-06-22 19:35:45 Politik
Disdukcapil Simalungun Keluarkan Suket Untuk 7077 Pemilih Pemula

SIMALUNGUN  -- Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Simalungun keluarkan surat keterangan (Suket) untuk 7077 Pemilih pemula pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Sumatera Utara, Rabu 27 Juni mendatang.

  

Hal tersebut diutarakan Kadisdukcapil Kabupaten Simalungun, Jhon Risman Tuah Damanik melalui Kabid Pengelolaan Informasi administrasi Kependudukan, Tiarli boru Sinaga saat dikonfirmasi awak media ini diruang kerjanya, Jumat (22/6) sekira Jam 13.00 wib.

   

Tiarli boru Sinaga mengatakan bahwa pihaknya sudah mengirimkan segumpalan berkas suket global untuk pemilih pemula kepada Komisi Pemilihan Umum (KPU) Simalungun, Rabu 13 Juni kemarin.

  

“Suket untuk pemilih pemula sudah kita serahkan kepada KPU Simalungun sebelum lebaran. Suketnya ada 32 Kecamatan tetapi di 32 Kecamatan tersebut terdapat sebanyak 7077 pemilih pemula yang pada tanggal 27 Juni, genap berusia 17 tahun,”ujarnya.

  

Masih Tiarli boru Sinaga menerangkan bahwa data sebanyak 7077 pemilih pemula tersebut penduduk yang telah terdata dalam database Kependudukan Kabupaten Simalungun.  

   

”Kami mengeluarkan satu suket untuk satu Kecamatan namun dalam satu Kecamatan tersebut terdapat banyak Pemilih pemula diglobalkan menjadi satu suket, data pemilih pemula tersebut dari KPU, jadi yang mengeluarkan suket satu per orang untuk pemilih pemula bukan kami, melainkan KPU, ”terangnya.

  

Lanjut Tiarli boru Sinaga menjabarkan bahwa suket tersebut ada dua jenis yakni suket global untuk seluruh pemilih pemula se Kabupaten Simalungun yang usianya genap 17 tahun pada hari Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumut.

   

Data Pemilih pemula telah ada di database kependudukan Kabupaten Simalungun tinggal KPU Simalungun merekap nama-nama, alamat dan tanggal lahirnya lalu Disdukcapil membuat suketnya sehingga tidak perlu yang bersangkutan datang ke Disdukcapil untuk mengurus suketnya.

   

Dijelaskannya bahwa Suket tersebut dibuat khusus untuk kepentingan Pemilihan Pilkada atau Pilgubsu tahun 2018 dan Suket tersebut berlaku sejak diterbitkan sampai hari Pemilukada 2018.

   

“Sedangkan jenis suket yang satu lagi apabila penduduk tersebut benar-benar sudah melakukan perekaman KTP Elektronik dan penduduk yang bersangkutan telah terdata dalam database Kependudukan, usai perekaman KTP Elektronik kemudian suketnya kita keluarkan, suket itu pun berlaku 6 bulan sejak diterbitkan,”jelasnya.

   

Tiarli boru Sinaga merinci bahwa Pemilih Pemula yang paling banyak ada di Kecamatan Bandar sebanyak 617 orang, Kecamatan Tanah Jawa sebanyak 483 orang, Kecamatan Ujung Padang sebanyak 402 orang dan Kecamatan Dolok Batu Nanggar sebanyak 360 orang dan Paling sedikit di Kecamatan Dolog Masagal sebanyak 46 orang.

   

Saat ditanyai jumlah suket yang sudah melakukan perekaman KTP Elektronik pada bulan Juni ini, Tiarli boru Sinaga mengatakan suket yang dikeluarkan sebanyak 14.359 suket.

  

”Bulan Juni ini sampai tanggal 21, suket yang kita keluarkan sebanyak 14.359, ini suket bagi penduduk yang sudah perekaman tetapi belum memperoleh KTP Elektronik,”pungkas wanita berkacamata itu. (Gir)

   

 

 

Berita Terkait