Sun,18 November 2018


C6 Kosong, KPU Simalungun Kurang 4000 Surat C6

Indofakta 2018-06-21 19:58:35 Politik
C6 Kosong, KPU Simalungun Kurang 4000 Surat C6
SIMALUNGUN -- Tinggal hitung hari, kata lagu Krisdayanti. Tak terasa Pemilihan Kepala daerah (Pilkada) Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara tinggal 6 hari lagi yang akan dilaksanakan Rabu 27 Juni mendatang.

  

Penyelenggara Pemilu yakni Komisi Pemilihan Umum (KPU) beserta jajarannya terpaksa bekerja extra sibuk melaksanakan tugas sesuai dengan tahapan yang sudah ditentukan.

   

Begitu juga dengan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) dengan jajarannya semakin memperketat pengawasan serta melakukan pencegahan pelanggaran dengan cara berkordinasi dengan KPU dan jajarannya.

  

Diketahui tahapan Pilkada saat ini pendistribusian C6 atau surat undangan bagi pengguna hak pilih yang diserahkan oleh KPU kepada jajarannya Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) hingga ke KPPS, kemudian surat C6 dibagikan kerumah warga sesuai dengan nama pengguna hak pilih.

   

Namun informasi dihimpun setelah C6 di distribusikan ke PPK, ternyata masih banyak yang kurang sekira 6000 surat dibeberapa Kecamatan yang ada di Kabupaten Simalungun, hal ini menjadi pertanyaan mengapa banyak yang kurang sementara dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) masih banyak yang tidak memenuhi syarat (TMS).

   

Nah apabila C6 kurang, apakah dibenarkan surat C6 dapat difotokopy lalu dibagikan kepada pengguna hak pilih? Hal ini perlu dipertanyakan apa kendala dan tindakan yang dilakukan oleh pihak KPU.

  

Sesuai dengan tahapan, batas pendistribusian C6 tiga hari sebelum Pelaksanaan Pemilihan yakni Minggu (24/6) mendatang. Selain pendistribusian C6, KPU dan jajarannya juga telah mengumumkan hari, tanggal dan tempat pemungutan suara.

   

KPU Simalungun, Adelbert Damanik ST saat dikonfirmasi melalui selulernya, Kamis (21/6) sekira Jam 15.00 wib, mengatakan bahwa ada 12 Kecamatan kekurangan C6.

   

“Sekitar 12 Kecamatan, PPK melaporkan adanya kekurangan C6, setelah ditotalkan ada 4000 surat C6 kurang, karena ketika diperiksa surat C6 kosong,”ujarnya.

  

Masih Adelbert Damanik menerangkan bahwa pihaknya telah melayangkan surat kepada KPU Provinsi Sumatera Utara untuk meminta surat yang kurang tersebut.”Kita sudah mengirim surat ke KPU Provinsi Sumut supaya mengirimkan C6 yang kurang, kita berharap seluruh pengguna hak pilih mendapat C6 nantinya dan bagi yang tidak punya KTP Elektronik agar melakukan Perekaman di Discapil, apabila belum terdaftar di DPT agar dapat menunjukkan surat Keterangan dari Discapil Simalungun,”tandasnya.(Gir)

 

 

Berita Terkait


 Terbaru