Sat,23 June 2018


Terungkap, Ini Pelaku Pembunuh Janu Hardi Tukang Foto Itu

Indofakta 2018-06-05 20:24:37 Hukum / Kriminal
Terungkap, Ini Pelaku Pembunuh Janu Hardi Tukang Foto Itu

SIMALUNGUN -- Terungkap sudah pelaku pembunuh korban Janu Hardi (43) warga Simpang Marbo, Kecamatan Batu, Kabupaten Labuhan Batu Utara (Labura) itu. Unit Jahtanras Satuan Reskrim Polres Simalungun berhasil meringkus empat orang sudah ditetapkan sebagai tersangka.

 

Keempat tersangka yakni DS (45), HP (35), Wa alias Wiw (28) dan Nu (44). Dari hasil introgasi petugas Jatanras bahwa   terjadinya pembunuhan tersebut karena para tersangka menduga korban sebagai pencuri kereta.

 

Dimana sebelumnya masyarakat sekitar Blok 11 Afd IV PTPN IV Perkebunan Unit Mayang Nagori Parbutaran resah lantaran sering terjadi aksi pencurian kereta dan kemalingan di rumah.

  

Para tersangka berhasil diamankan oleh Petugas Jatanras dua hari pasca kejadian dari Nagori Parbutaran. Setelah diintrogasi para tersangka pun langsung mengakui perbuatannya.

  

Penangkapan para tersangka, mulanya  Jahtanras yang dipimpin Kanit Jahtanras Iptu Zikri Muamar SIK berhasil mengungkap identitas Janu Hardi setelah koordinasi dengan pihak Poldas Sumut (Poldasu).

 

Awalnya Iptu Zikri Muamar bersama tim unit Jahtanras yang sempat kesulitan melakukan penyelidikkan karena masyarakat setempat terkesan tertutup.

 

Namun dengan dibantu Unit Reskrim Polsek Bosar Maligas,  Petugas mengamankan enam orang warga yang diduga terlibat dalam aksi penganiayaan terhadap Janu Hardi atk jauh dari lokasi kejadian.

 

Setelah dilakukan pemeriksaan, penyidik menetapkan empat dari keenamnya sebagai tersangka, kini keempat tersangka harus diproses untuk mempertanggungjawabkan perbuatannya.

  

Kasat Reskrim Polres Simalungun, AKP Poltak YP Simbolon SIK melalui Kanit Jatanras Iptu Zikri Muamar SIK saat dikonfirmasi melalui selulernya, Selasa (5/6) sekira Jam 14.00 wib, membenarkan penangkapan tersebut.

 

 “Benar, kita sudah menetapkan empat tersangka pembunuhan korban.  Dari keterangan para tersangka melakukan aksinya lantaran di kampung mereka sudah sering terjadi pencurian kereta dan kemalingan rumah,”ujarnya.

 

Masih Iptu Zikri Muamar menerangkan bahwa para pelaku masih diproses , setelah itu berkasnya akan dilimpahkan ke Jaksa Penuntut Umum (JPU).” Setelah data penyidikan sudah lengkap, berkasnya akan kita limpahkan ke JPU. Atas Pebuatannya maka pelaku dijerat Pasal 170 KUHP,”pungkas perwira balok dua emas dipundaknya itu.

   

Sebelumnya, korban tanpa identitas ditemukan tewas penuh luka sayatan dengan kondisi bugil di dekat sungai Afd V, PTPN IV, Perkebunan Unit Mayang, Nagori Parbutaran, Kecamatan Bosar Maligas, Kabupaten Simalungun, Selasa (29/5) sekira Jam  09.00 wib. (Gir)

Berita Terkait