Sat,23 June 2018


Jelang Pilgubsu, 61 Ribu Warga Kabupaten Simalungun Belum Punya KTP Elektronik

Indofakta 2018-06-04 20:41:58 Politik
Jelang Pilgubsu, 61 Ribu Warga Kabupaten Simalungun Belum Punya KTP Elektronik

SIMALUNGUN --  Tak terasa pelaksanaan Pemilihan Gubernur dan wakil Gubernur Sumatera Utara tinggal 23 hari lagi terhitung dari hari ini, Senin (4/6).Namun sayangnya masih banyak masyarakat yang berhak memilih belum mempunyai KTP Elektronik.

   

Hal ini diutarakan oleh Ketua KPU Kabupaten Simalungun, Adilbert Damanik ST saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (4/6) sekira Jam 16.00 wib.”Warga Kabupaten Simalungun yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik sebelumnya sebanyak 61 ribu orang,”ujarnya.

   

Masih Adilbert Damanik menerangkan bahwa setelah pihaknya melakukan sosialisasi kepada masyarakat diberbagai Kecamatan agar warga yang sudah memenuhi usia 17 tahun keatas dapat melakukan perekaman KTP Elektronik pada kegiatan Dinas kependudukan dan Satatan Sipil (Disdukcapil) Simalungun yang dilaksanakan bertahap di berbagai kecamatan.

   

“Jadi setelah kita sosialisasikan kepada masyarakat, sudah ada 44 ribu orang melakukan perekaman KTP Elektronik baik ke Dispencapil maupun ke Kecamatan, sampai saat yang belum memiliki KTP 16 ribu,”terangnya.

  

Lanjut Adelbert Damanik menjelaskan bahwa dalam Pilkada saat ini ada aturan baru bahwa untuk mencoblos, pemilih harus menunjukkan KTP Elektronik. Hal tersebut sesuai Peraturan KPU nomor 8 tahun 2018 pasal 7 ayat 2 mewajibkan pemilih menunjukkan KTP Elektronik atau Surat Keterangan (suket) dari Disdukcapil selain membawa formulir undangam C6-KWK, saat akan menyalurkan hak pilih di TPS pada Pilkada Serentak 27 Juni mendatang.

  

“Meski sudah tercatat dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT), Pemilih tetap harus memiliki Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el) atau Surat Keterangan (Suket) dari Disdukcapil. Dua bukti identitas diri ini harus ditunjukkan oleh pemilih kepada petugas Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) 27 Juni nanti,”jelasnya.

 

 Sambung Adilbert Damanik berharap supaya masyarakat yang belum ada KTP Elektonik segera melakukan perekaman ke Disdukcapil agar pada Pelaksanaan Pilgubsu, Rabu 27 Juni mendatang dapat memilih di TPS.

  

”Kita berharap agar masyarakat mengetahui apa saja syarat pemilih, jikalau tidak ada KTP Elektronik dan suket tidak bisa memilih, jadi masih ada waktu segeralah melakukan perekaman ke Disdukcapil,”harapnya.

  

Informasi dihimpun di Kecamatan Sidamanik masih ada 330 orang yang belum memiliki KTP Elektronik, di Kecamatan Panei ada 100 lebih, di Kecamatan Jorlang Hataran ada 300 orang yang belum melakukan perekaman KTP Elektronik dan hampir rata-rata Kecamatan, warga belum memiliki KTP El.

   

Salah seorang warga, Kecamatan Dolok Panribuan, M Nainggolan kepada awak koran ini mengatakan bahwa pihak Disdukcapil baru melakukan perekaman KTP Elektronik kepada masyarakat sekitar, namun pihak Discapil tidak memberikan resi atau surat keterangannya.

   

“ Di Kecamatan Dolok Panribuan lae sudah dilakukan Perekaman KTP Elektronik tapi tidak dikasih suketnya, setahuku kalau perekaman dikasih ya resi atau suketnya, ini tidak, katanya pihak Discapil akan memberikan suket tersebut langsung kerumah yang bersangkutan satu hari sebelum pemilihan,”ucap Nainggolan.

   

Kadisduk Capil Kabupaten Simalungun, Jhon Risman Damanik melalui Kabid Dukcapil, Piker Silalahi saat dikonfirmasi melalui selulernya, Senin (4/6) sekira Jam 16.00 wib, sedang sibuk, bahkan pesan singkat yang dilayangkan juga tak kunjung dibalas. (Ary)

Berita Terkait