Thu,18 October 2018


Bupati Halsel Berharap Pengentasan Campak Jadi Komitmen Bersama

Indofakta 2018-05-31 20:38:29 Politik
Bupati Halsel Berharap Pengentasan Campak Jadi Komitmen Bersama

HALMAHERA SELATAN  - Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba membuka pertemuan advokasi dan sosialisasi Imunisasi Measles Rubella (IMR) Halsel tahun 2018 berdasarkan  Keputusan Bupati Halmahera Selatan Nomor 76 Tahun 2018 Tentang Pembentukan Kelompok Kerja Pengkajian dan Penanggulangan Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi (POKJA PP-KIPI) dan Keputusan Bupati Nomor 81 Tahun 2018 Tentang  Pembentukan Kelompok Kerja Kampanye Imunisasi Campak Rubella/Congenital Rubella Syndrome yang dilaksanakan di Ruang Rapat Kantor Bupati. Kamis, (31/05/18).

 

Turut Hadir Forkopimda Halsel, Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Kepala Kantor Kementrian Agama Hasyim Hi. Hamzah, M. Alhabsyi Konsultan Kesehatan, Perwakilan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, Ketua Pokja KIPI Rivandi Nurwan, Pimpinan SKPD serta Para Staf Kesehatan.

 

Kegiatan diawali dengan penandatangan dukungan oleh Kepala Dinas Pendidikan Nurlaila Muhammad, yang juga sebagai Ketua POKJA kampanye imunisasi campak Rubella dan Kepala Kantor Kementrian Agama.

 

Dalam sambutannya Bupati Halsel Bahrain Kasuba menyampaikan bahwa sosialisasi kampanye Imunisasi Rubella (IMR) ini sangat penting di bidang kesehatan

 

"Campak Rubella sangat penting selain masalah kesehatan yang kompleks seperti malaria, stunting bagi kesehatan masyarakat Halsel agar melalui sosialisasi ini dapat segera ditanggulangi", pungkasnya

 

Lanjut Bahrain, tentunya sosialisasi ini sangat berguna untuk pencegahan dan penanganan campak di daerah ini.

 

"Saya berharap dengan adanya komitmen bersama untuk menghadapi penyakit campak ini dapat mencapai target kita bersama yaitu memberantas penyakit campak hingga 100 persen sehingga masyarakat Halsel bisa sejahtera dan sehat", harapnya

 

Pada kesempatan yang sama dr. M Alhabsyi selaku konsultan kesehatan berharap dengan adanya kampanye MR bisa mengubah data yang merah menjadi hijau dengan komitmen yang kuat, karena kondisi saat ini Halsel berada pada zona merah khusunya untuk penyakit campak.

 

"Dengan target sebanyak 79.000 anak yang harus di imunisasi sebesar 70 persen anak yang bersekolah dan 30 persen anak tidak bersekolah mulai dari umur 9 bulan hingga 15 tahun", jelasnya

 

Dimana target nasional yang harus dicapai dalam pemberantasan penyakit campak sebesar 95 persen, dan Halsel sendiri memiliki target capaian sebesar 100 persen. Ini sesuai dengan harapan Bupati Halsel.

 

Selanjutnya Muh. Isa Tanda selaku Perwakilan Dinas Kesehatan Maluku Utara mengatakan tujuan dari imunisasi campak Rubella ini untuk mencegah terjadinya beberapa penyakit seperti TBC, tetanus, polio dan hepatitis B. "Saya berharap dengan target 79.000 anak di Halsel ini, semuanya dapat di imunisasi", harapnya. (Iron)

Berita Terkait


 Terbaru