Sat,23 June 2018


Dorong Pengembangan Potensi Perikanan, Raperda Inisiatif Diluncurkan

Indofakta 2018-05-29 11:19:09 Politik
Dorong Pengembangan Potensi Perikanan, Raperda Inisiatif Diluncurkan

JABAR --  Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam , resmi diusulkan pihak DPRD Jabar. Sangat realistis usulan Raperda tersebut, karena melalui penguatan regulasi berupa Perda berpeluang dapat mendorong pengembangan potensi perikanan.

 

Hal ini, mengemuka dalam penjelasan Raperda inisiatif dalam sidang paripurna yang dibacakan anggota Pansus Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam , Lina Ruslinawati pekan ini.

 

Dalam laporannya, lina mengutarakan Provinsi Jabar memiliki garis pantai sepanjang 814,82 KM yang terdiri atas 399,32 KM di wilayah Pantura dan 415,50 KM di wilayah pantai selatan.

 

Hadirnya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah , maka Pemprov. Jabar mempunyai kewenangan tambahan untuk mengelola wilayah laut sejauh 12 mil dari pantai, yang luasnya mencapai 18 ribu kilometer persegi setara lebih dari 50 persen luas daratan Jabar.

 

Panjangnya garis pantai, daerah pesisir dan laut merupakan potensi yang besar untuk selanjutnya dikelola sebagai bagian dari program untuk mensejahterakan rakyat di sektor kelautan dan perikan budidaya di laut.

 

Melalui kehadiran regulasi yang diusulkan dalam Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam, ujar Lina  diharapkan dapat mempercepat peningkatan kesejahteraan rakyat di daerah(nur/az)

 

Berita Terkait