Sat,23 June 2018


DPRD Jabar Ungkap Penjelasan Usulan Raperda Inisiatif

Indofakta 2018-05-29 11:09:34 Politik
DPRD Jabar Ungkap Penjelasan Usulan Raperda Inisiatif

JABAR -DPRD Jabar, sehubungan dengan usulan Raperda inisiatif yang digagas Komisi II DPRD Jabar, yaitu Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam, dalam sidang paripurna yang berlangsung pekan ini menyampaikan penjelasan mengapa Raperda tersebut diusulkan.

 

Dalam paparan yang disampaikan Anggota Pansus Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam, Dra. Lina Ruslinawati memaparkan diusulkannya Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam merujuk kepada landasan yuridis yaitu UU Nomor 7 Tahun 2016 tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Nelayan, Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam.

 

Penerapan UU tersebut, di level Pemerintah Daerah belum mendapatkan perhatian secara penuh dan serius.

 

Usulan penguatan usulan Raperda Raperda tentang Perlindungan dan Pemberdayaan Pembudi Daya Ikan dan Petambak Garam juga dilandasi kondisi faktual bahwa "selama ini nelayan, pembudi daya ikan dan petambak garam sebagai bagian rakyat Indonesia belum memperoleh perlindungan yang semestinya".

 

Bagi kalangan pelaku usaha yang bergerak dalam budidaya ikan dan petambak garam hingga saat ini belum mampu melakukan kegiatan produksi dengan nilai ekonomi yang dapat mensejahterakan kehidupannya dalam jangka panjang maupun pendek.

 

Fakta berikutnya, Jabar merupakan Provinsi yang memiliki sumber daya alam yang melimpah serta banyaknya rakyat yang menggantungkan hidupnya dari sektor kelautan dan perikanan.

 

Selain itu, ujar Lina mayoritas pembudidaya ikan merupakan pembudidaya ikan tradisional yang memiliki aset serta jumlah produksi yang memiliki keterbatasan.(nur/az)

Berita Terkait