Tapak Suci Putera Muhammadiyah Mengecam Pelaku Bom Bunuh Diri

 Mon,20 August 2018


Tapak Suci Putera Muhammadiyah Mengecam Pelaku Bom Bunuh Diri

Indofakta 2018-05-17 18:59:30 Daerah
Tapak Suci Putera Muhammadiyah Mengecam Pelaku Bom Bunuh Diri

YOGYAKARTA -- Berkaitan tindakan penyerangan terhadap gereja dan Markas Kepolisian yang menggunakan bom bunuh diri beberapa waktu yang lalu, Pimpinan Pusat Perguruan Seni Beladiri Tapak Suci Putera Muhammadiyah menyampaikan duka cita yang sedalam-dalamnya kepada seluruh korban serangan bom bunuh diri.

 

"Sekaligus mengutuk tindakan penyerangan itu karena tidak selaras dengan nilai-nilai agama maupun nilai-nilai kemanusiaan," kata Drs M Afnan Hadikusumo, PKa, Ketua Umum PP Tapak Suci Putera Muhammadiyah, didampingi HA Fanan Hasanuddin, PUa (sekretaris umum), Kamis (17/5/2018). 

 

Menurut Afnan, berita yang mengaitkan salah satu anak pelaku bom bunuh diri, yang merupakan siswa Tapak Suci masih perlu ditelusuri lebih lanjut. "Karena Tapak Suci tidak pernah mengajarkan tindak radikalisme dalam kurikulum pengajarannya," tandas Afnan Hadikusumo, yang menambahkan Tapak Suci mendidik para siswanya agar memiliki ketrampilan dalam beladiri, berakhlak mulia dan menjunjung semangat bela negara. 

 

Oleh karenanya, PP Tapak Suci Putera Muhammadiyah berpendapat, anak yang dilibatkan dalam bom bunuh diri itu, juga merupakan korban dari keterbatasan pemahaman ilmu agama orangtuanya.

 

Tapak Suci, seperti dikatakan Afnan, sangat menjunjung tinggi sikap toleransi dalam menyikapi berbagai perbedaan. "Hal ini terbukti dengan begitu pesatnya perkembangan perguruan Tapak Suci, yang bukan saja diterima di Indonesia, namun juga sudah tersebar hingga negara-negara lain," kata Afnan menerangkan negara itu adalah Taiwan, Singapura, Brunei, Thailand, Malaysia, Mesir, bahkan di negara-negara Eropa. 

 

Sehingga, dengan sendirinya siswa-siswa Tapak Suci pun berasal dari berbagai latar belakang yang bersifat multi bangsa, multi etnis, multi kultur, multi ras, dan multi agama.

 

Afnan pun mendesak aparat keamanan untuk mengusut tuntas siapapun pelaku, provokator, dan aktor intelektual dibalik pengeboman yang secara sengaja telah menimbulkan kekacauan, kepanikan, dan saling curiga antaranak bangsa.

 

Mengingat begitu peliknya persoalan bangsa ini, apabila diperlukan, Tapak Suci siap membantu pemerintah dalam mengatasi persoalan terorisme sesuai dengan kewenangan dan kemampuan yang dimiliki. (Affan)

Berita Terkait