Sat,26 May 2018


Dr. Musa Darwin Pane, SH.,MH : Bagusnya Perpres 20 Tahun 2018 Tentang TKA Ditempatkan Dalam UU

Indofakta 2018-05-16 06:00:43 Hukum / Kriminal
Dr. Musa Darwin Pane, SH.,MH : Bagusnya Perpres 20 Tahun 2018 Tentang TKA Ditempatkan Dalam UU

BANDUNG - Bagusnya Perpres Nomor : 20 Tahun 2018 Tentang Tenaga Kerja Asing ditempatkan pada Undang-undang Tenaga Kerja. Penyederhanaan aturan itu mempermudah masuknya investasi.

 

Hal tersebut disampaikan Dr. Musa Darwin Pane, SH., MH dalam Diskusi Publik bertajuk Praksis : Kerancuan Presiden Joko Widodo Perpres No. 20 Tahun 2018 (Tenaga Kerja Asing). Menurut salah satu Dosen Fakultas Hukum Unikom itu, kalau terdapat kekurangan dalam Perpres tersebut dilakukan revisi supaya Keputusan Menterinya bagus. Memang lebih bagus dari awal aturan tentang Tenaga Kerja Asing itu sebaiknya diatur dalam Undang-undang Tenaga Kerja. Dalam revisi bisa diatur bidang-bidang mana saja yang harus dibatasi, mana-mana saja yang bisa ditempati. Kalau hukum kita kuat semuanya bisa beres. Dengan penyederhanaan peraturan itu mempermudah investasi. Kedatangan investor ke Indonesia dengan membawa tenaga kerjanya, mereka juga ingin agar kerjanya bagus. 

 

Tentang pemerintahan Presiden Jokowi seperti ini, tidak hanya Jokowi sendiri, ini ada berkesinambungan dengan sebelumnya. Di lain hal bahwa pada saat ini hukum belum berkuasa, politiklah yang berkuasa, ujar Ketua Peradi Bandung itu. 

 

Acara diskusi publik yang diselenggarakan oleh Bidang Perguruan Tinggi dan Kepemudaan HMI (Himpunan Mahasiswa Islam) Cabang Bandung itu juga diisi oleh pembicara dari Disnaker Kota Bandung. Dalam hal ini yang mewakili Kadisnaker, Salimah antara lain mengatakan bahwa sebenarnya tidak ada masalah dengan tenaga kerja asing. Kalau yang dikritik bahwa yang datang itu tenaga kelas bawah, kenapa kita mengejarnya ? 
Tidak perlu takut dengan tenaga kerja asing. Sebelum kita siap, biar saja diisi orang asing. Buktikan Kita mampu bersaing dgn mereka. Kenapa ada tenaga kerja asing, ini bagian dari konsekwensi dari adanya investasi asing di sini.

 

Perpres Tenaga Kerja Asing  adalah upaya peningkatan investasi. Mereka membawa tenaga kerja. Ke depan kita harus menggantikannya melalui uji kompetensi. Setiap tenaga kerja asing yang datang, harus ada tenaga kerja kita sebagai pendampingnya. Melalui kompetensi tenaga kerja kita semakin lama semakin sama dengan tenaga kerja asing. Salimah juga memberitahu bahwa terdapat Tenaga Kerja Asing di Kota Bandung yang Pada Tahun 2017 berjumlah 209 orang. Selain kedua pembicara tersebut masih ada 2 lagi pembicara dari Kantor Imigrasi Bandung dan dari SPSI. (Y CHS).

Berita Terkait