ORI Berikan 3 Penghargaan Dalam Festival Gerabah Kebumen

 Wed,15 August 2018


ORI Berikan 3 Penghargaan Dalam Festival Gerabah Kebumen

Indofakta 2018-05-15 06:32:07 Daerah
ORI Berikan 3 Penghargaan Dalam Festival Gerabah Kebumen

KEBUMEN,– Original Rekor Indoesia (ORI) kembali mencatatkan tiga Rekor sekaligu s dalam kegiatan Festival gerabah Pejagatan terbanyak di Desa Pejagatan, Kecamatan Kutowinangun, Minggu, (13/5/18).

 

Ketiga rekor yang terpecahkan yakni pembuatan gerabah massal terbanyak yakni 1.459 buah. Jenis gerabah tanah yang liat yang dibuat yakni gelas. Rekor kedua yaitu pembuatan serabi terbesar dengan diameter 1 meter. Serabi di masak dengan kwali besar dengan campuran bahan tepung beras, santan, parutan kelapa.


 
Sedangkan rekor ketiga yakni pembuatan logo terbesar dari tanah liat dengan ukuran 3×3 meter. Adapun logo yang dibuat yaitu Bokor Kencana yang merupakan salah satu yang dipercaya untuk memasok makanan istana negara di acara senam tera indonesia dan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta.

 

Ketua Panitia kegiatan, Nanang Setiyawan (24) mengatakan, festival gerabah tanah liat dimaksudkan untuk lebih mengenalkan gerabah Pejagatan ke masyarakat. Pasalnya, jumlah pengrajin atau Pepundi gerabah Pejagatan sudah sangat langka dan hanya tersisa beberapa orang saja.

 

“Dengan ini diharapkan mengangkat potensi gerabah Pejagatan agar semakin dikenal masyarakat,” tuturnya.


 
Festival gerabah Pejagatan tersebut merupakan inisiasi pemuda desa setempat yang didukung penuh Pemerintah Desa Pejagatan. Kepala Desa Pejagatan Hidayat Djuhri pun sangat mengapresiasi kegiatan tersebut. Pihaknya pun siap mendukung kegiatan positif demi kemajuan Desa Pejagatan.

 

“Harapannya perekonomian masyarakat Pejagatan dapat semakin baik dengan gerabah tanah liat,” pungkasnya.

 

Diharapkan dengan adanya rekor ini hasil gerabah masyarakat semakin baik dan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.(Saifal)

Berita Terkait