MTQ Ke XXVII DiBuka Oleh Plt Gubernur Malut

 Wed,15 August 2018


MTQ Ke XXVII DiBuka Oleh Plt Gubernur Malut

Indofakta 2018-05-08 18:34:02 Daerah
MTQ Ke XXVII DiBuka Oleh Plt Gubernur Malut

HALMAHERA SELATAN - Plt Gubernur Maluku Utara Muhammad Natsir Taib  secara resmi membuka Musabaqah Tilawatil Qur'an ke XXVII tingkat Provinsi Maluku Utara yang digelar di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel). Senin, (07/05/18) tadi malam, di Lapangan Asombang Labuha, Bacan

 

Pembukaan MTQ ini dihadiri juga oleh Gubernur Malut non aktif Abdul Ghani Kasuba, Bupati Kabupaten Halsel Bahrain Kasuba, Walikota Tidore Kepuluan,  Perwakilan Bupati/Walikota Se-Provinsi Malut,  Forkompimda Halsel,  Forkopimda Provinsi Malut, Pimpinan SKPD dilngkup Pemkab Halsel, Para Kafila di 10 Kabupaten/Kota,Tokoh Agama  serta disaksikan oleh Masyarakat Kabupaten Halsel.

 

Plt Gubernur Malut, Muhammad Natsir Taib dalam sambutanya mengatakan bahwa,  MTQ akan mampu menyembuhkan dan memberikan kehangatan spiritual dan pedoman daya keagamaan khas untuk daerah Maluku Utara ini.

 

"Dengan adanya MTQ dapat membangkitkan daya dan motivasi yang kuat bagi generasi mudah untuk senantiasa memelihara dan meningkatkan Kitab suci Alqur'an,"ungkap Nasir. 

 

Dirinya berharap kegiatan MTQ tidak hanya dijadikan rutinitas Serimonal semata,  tetapi mampu menjadi momentum strategis keagamaan dan pelaksanaan pembangunan serta prilaku masyarakat dalam kehidupan sehari-hari.

 

"Semoga pelaksanaan MTQ tingkat Provinsi yang diselenggarakan di Kabupaten Halmhaera Selatan ini bisa dimanfaatkan sebagai ruang untuk menggali potensi daerah yang dapat meningkatkan kesejahteraan Masyarakat, "harapnya

 

Sebelumnya Bupati Kabupaten Halsel, Bahrain Kasuba mengucapkan selamat datang kepada para Bupati dan Wali Kota yang sempat hadir dan seluruh Kafila, Offical dari seluruh Kabupaten/ Kota se-provinsi Maluku Utara di Bumi Saruma Kabupaten Halsel. 

 

"Sebagai tuan rumah saya dan seluruh Masyarakat Halmahera Selatan Mengucapkan terima kasih kepda Pemerintah Provinsi Maluku Utara yang telah mempercayakan pelakasanaan MTQ Ke 27 tingkat Provinsi di Kabupaten Halsel," kata Bupati. 

 

Menurutnya, Momentum kegiatan MTQ ini adalah ajang silaturrahmi membangun Ukhuwah  bagi seluruh Masyarakat Maluku Utara, khususnya bagi seluruh Kafila MTQ ke 27, agar tercipta harmoni spiritualitas dan harmoni sosial. 

 

"Semoga MTQ ini dapat berjalan dengan baik dan lancar sampai pada saat penutupan nanti, "harapnya. 

 

Bupati juga mengajak para Kafilah dan Offical untuk dapat melakukan ekspolarisasi wisata berbagai keindahan dan keunikan Halsel, serta tempat wisata kuliner yang siap memanjakan lida.

 

"Kami punya taman budaya sarumah,wisata bahari selat pogo-pogo, wisata diving dipulau sali dan kusu, dan masih banyak lagi tepat wisata di Halsel,  diharuskan semuanya yang datang di Halsel agar dapat berkunjung ke salah satu tempat Wisata ini," tutup Bupati. 

 

Pembukaan MTQ ini ditandai dengan pemukulan tifa oleh Plt Gubernur, Bupati dan Wakil Bupati Halsel, Wali Kota Tidore,  serta Undangan VIP yang lainnya.

 

Perlu diketahui peserta perwakilan tiap-tiap Kabupaten/Kota sebanyak 452 Kafila. Kemudian ada 6 jenis mata lomba yang dilombakan, diantaranya, Cabang Tilawatil Al-Qur'an yang terdiri dari tiga golongan Putra dan Putri, yakni Golongan Remaja,  Dewasa dan Anak-anak,Tartil, Qira'at Sab'ah. Cabang Hafidz, Golongan 1 7Jus, 5 Jus, 10 Jus, 20 Jus, dan 30 Jus. Cabang Syahril terdiri dari 20 regu Putra/Putri, Cabang Fahmil 1 regu, terdiri dari 20 regu Putra dan Putri, Cabang Khat Qur'an terdiri dari empat golongan untuk Putra dan Putri, Golongan Naska,  Golongan Hiasan Mushaf, Golongan Dekorasi, serta Golongan Konteporer. 

 

Pelaksanaan MTQ ini akan berakhir pada tanggal 11 Mei 2018, dan untuk pelaksanaan MTQ dilaksanakan di dua tempat yakni Lapangan Merdeka labuha dan Aula Kantor Bupati. 

 

Pembukaan MTQ ini juga dimeriahkan oleh persembahan gema Alqur'an dan juga tarian Togal dan juga Cakalele serta penampilan dari Sanggar Pemda Halsel serta persembahan dari Sunnu Mata Band. (Iron)

Berita Terkait