Sat,26 May 2018


Tiga PNS BKD Garut Terkena OTT Saber Pungli

Indofakta 2018-05-08 15:31:22 Hukum / Kriminal
Tiga PNS BKD Garut Terkena OTT Saber Pungli

Bandung - OTT l (Operasi Tangkap Tangan) Tim Tindak II Kabupaten Garut hari ini (7/5/2018) berhasil mengamankan 3 (tiga) orang PNS (Pegawai Negeri Sipil). Ketiganya adalah PNS pada Kantor BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Garut. Mereka diduga menerima sejumlah uang dari CPNS (Calon Pegawai Negeri Sipil) dari lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut. 

Sumber indofakta.com di Kota Garut mengatakan awalnya Tim Saber Pungli menerima informasi yang menyebutkan adanya kegiatan dugaan pungli terhadap CPNS Kabupaten Garut yang akan diangkat PNS yang dilakukan oleh Oknum Pegawai BKD Kabupaten Garut bernama Rudianto. Pelaku adalah PNS/Pejabat di BKD Badan Kepegawaian & DIKLAT Daerah Kabupaten Garut. 

Sumber lalu menjelaskan bahwa setelah adanya pengangkatan PNS di lingkungan Dinas Kesehatan Kabupaten Garut sebanyak 149 orang yang seluruhnya adalah sebagai Bidan. Akan tetapi untuk menerima SK. Pegawai dari masing-masing CPNS tersebut mereka dimintai sejumlah uang oleh Rudi Rudianto. Jika tidak memberikan maka SK Pegawai tersebut akan ditahan. Dengan terpaksa para CPNS tersebut memenuhi permintaan Rudi. Adapun teknis penyerahan uang dengan cara dikumpulkan di beberapa CPNS. Jika sudah terkumpul uang tersebut diserahkan kepada Rudi. 

Tim Saber Pungli lalu melakukan OTT sekira pukul 11.50 Wib di Kantor BKD Kabupaten Garut yang beralamat Jalan Pahlawan No. 47 Kota Garut di ruang kerja Rudi yang sehari-harinya menjabat Bendahara Pengeluaran Pembantu BKD Kabupaten Garut. Saat itu Rudi Rudianto tertangkap tangan berikut Barang bukti berupa uang Rp31.500.000,- Bersama Rudi juga ditangkap Ita Kurnia selaku Bidan yang ditunjuk sebagai bendahara dan yang menyerahkan uang tersebut kepada pihak Rudi ; Lisna selaku Bidan yang mengumpulkan sebagian uang dari para Bidan dan menyerahkan uang tersebut kepada Rudi;  Budi Sihabudin selaku Kabid PPI/BKD Garut dan Ria Welida selaku Kasubid Pengadaan dan Pemberhentian. Saat ini mereka diamankan di Polres Garut untuk pemeriksaan lanjutan. (Y CHS).

Berita Terkait