Sun,22 July 2018


Siswa Diharapkan Masuk Sekolah Meski UNBK Usai

Indofakta 2018-04-26 20:12:47 Edukasi
Siswa Diharapkan Masuk Sekolah Meski UNBK Usai

YOGYAKARTA -- Meski UNBK (Ujian Nasional Berbasis Komputer) bagi siswa SMP telah rampung diadakan pada Kamis, 26 April 2018, Walikota Yogyakarta, Drs Haryadi Suyuti, berharap agar sekolah-sekolah tetap melaksanakan kegiatan bagi siswa kelas IX.

 

"Karena secara administratif mereka masih tercatat sebagai siswa kelas IX," kata Haryadi Suyuti di depan wartawan ketika meninjau pelaksanaan UNBK di SMP Negeri 5 Yogyakarta.

 

Menurut Haryadi, yang didampingi Kepala SMP Negeri 5 Yogyakarta, Suharno, tugas sekolah belumlah selesai meski UNBK telah selesai dilaksanakan. "Tergantung sekolahnya itu mau mengadakan kegiatan apa," terang Haryadi, yang berharap sekolah tetap mempersiapkan anak didiknya ke jenjang berikutnya.

 

Kepala Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta, Drs Edy Heri Suasana, MPd, menambahkan, jumlah peserta UN/UASDA tahun 2018 di Kota Yogyakarta sebanyak 16.063 siswa, terdiri dari jalur formal 15.286 siswa dan kesetaraan/nonformal sebanyak 778 siswa.

 

Menurut Edy Heri Suasana, peserta ujian SMP/MTs ada 8.094 siswa, peserta ujian SD/MI sebanyak 7.191 siswa, paket A ada 93 siswa, paket B ada 245 siswa, dan paket C sebanyak 440 siswa.

 

Pada tahun 2018 untuk Ujian Nasional SMP/MTs sebanyak 66 sekolah seluruhnya berbasis komputer. "Atau, yang disebut dengan ujian nasional berbasis komputer," jelas Edy, yang menambahkan untuk SMP/MTs negeri ada 17 sekolah dan swasta ada 49 sekolah.

 

Menurut Edy, hasil ujian nasional SMP/MTs dan ujian nasional SD/MI di Yogyakarta akan digunakan sebagai salah satu parameter seleksi untuk memasuki jenjang SMA/SMK/MA dan SMP/MTs.

 

Adapun Panitia Penyelenggara Sub Rayon ada di SMP 2, SMP 5, SMP 7, SMP 8 dan SMP 9. Sedang untuk SD ada 4 Sub Rayon masing-masing ada di Unit Pengelola SD dan PAUD. "Untuk posko ujian ada di Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta," kata Edy Hari Suasana. (Affan)

Berita Terkait