Sat,22 September 2018


Semerbak Harum Kopi Merapi di Helsinki Coffee Festival 2018

Indofakta 2018-04-24 11:03:25 Internasional
Semerbak Harum Kopi Merapi di Helsinki Coffee Festival 2018

FINLANDIA -- Aroma harum yang khas Kopi Merapi dan Kopi Gayo dari Indonesia menyebar di seluruh ruang pameran Helsinki Coffee Festival 2018 di Kaapelitehdas, Helsinki, Finlandia, 20-22 April 2018. 

 

Promosi kedua jenis kopi itu merupakan salah satu bentuk promosi yang dilakukan KBRI Helsinki bekerja sama dengan Kabupaten Sleman dan Koperasi Kopi Arinagata pada Helsinki Coffee Festival 2018. Pameran terbesar di kawasan Eropa Skandinavia, Nordik dan Baltik.

 

Finlandia merupakan negara dengan tingkat konsumsi kopi tertinggi di dunia: 12 kg per orang per tahun. Dengan populasi 5,5 juta jiwa dan GDP (2017) USD 45.884 per kapita per tahun, negara ini sebagai pasar kopi yang sangat menggiurkan.

 

Mempertimbangkan potensi itu, Duta Besar Republik Indonesia untuk Finlandia merangkap Estonia, Wiwiek Setyawati Firman, melihat pentingnya Indonesia untuk terus mempromosikan kopi kepada masyarakat Finlandia secara berkesinambungan. 

 

Promosi kopi melalui Helsinki Coffee Festival yang telah dilakukan sejak tahun 2016 merupakan salah satu platform yang efektif untuk mempromosikan kopi Indonesia di kawasan ini.

 

Tahun ini, Indonesia fokus mempromosikan 2 jenis kopi dari Indonesia: Kopi Aceh Gayo dan Kopi Merapi Sleman, D.I. Yogyakarta. Selama pelaksanaan Helsinki Coffee Festival, kopi-kopi Indonesia menjadi salah satu pusat perhatian para pecinta kopi, pemilik roaster,dan kafe yang berasal dari Finlandia dan juga dari beberapa negara tetangga seperti Estonia dan Latvia.

 

Kopi Indonesia yang diperjualbelikan di kafedan supermarket di Finlandia dibeli dari perusahaan pihak ketiga di Jerman, Belanda dan Inggris. Dan saat ini, Pemerintah Indonesia terus mengupayakan pembelian secara langsung dari petani kepada para roasterdan reseller. Sehingga tercipta direct tradedan fair trade yang lebih adil dan menguntungkan petani kopi secara langsung.

 

Diharapkan, dengan mengikuti Helsinki Coffee Festival ini,  kopi Indonesia dapat meluaskan penetrasi pasar. Tidak hanya di Finlandia, namun juga negara sekitar.

 

Selama tiga hari, stand Indonesia terlihat ramai dikunjungi para pegila kopi. Pengunjung pun sangat menikmati Kopi Merapi single origin jenis Arabica, yang memiliki aroma bunga dan rempah-rempah.

 

Seluruh kopi yang dipromosikan pada Helsinki Coffee Festival merupakan produk organik dengan kelas premium.

 

Dalam upaya untuk mempromosikan dan mengedukasi publik Finlandia mengenai Kopi Merapi, Bupati Sleman Sri Purnomo memanfaatkan panggung utama yang disediakan panitia untuk mengenalkan Kopi Merapi. "Dan bagaimana para petani kopi bangkit kembali setelah bencana meletusnya gunung Merapi pada tahun 2010 lalu," ungkap Sri Purnomi.

 

Konsumsi kopi di Finlandia per tahun dilaporkan cbi.eu pada tahun 2015 mencapai 66 juta kg. Sebanyak 50 juta kg roasted coffee (kopi panggang) siap konsumsi, diproduksi oleh perusahaan-perusahaan pemanggangan dalam negeri Finlandia. Dan 16 juta kg lainnya diimpor, selebihnya sebanyak 1 juta kg dikonsumsi sebagai kopi cepat saji.Perusahaan kopi Finland, Pauligy juga merupakan eksportir kopi terbesar kedua ke Rusia.

 

Produk kopi Indonesia memang sudah beredar di pasar Finlandia melalui perusahaan pemasok kopi terbesar di Finlandia Pauligdengan nama produk Indonesian Coffee, Sumatera Coffee dan West Java Coffee.

 

Roaster-roaster skala medium seperti Warrior Coffee, Kaffa dan Mokkamestarit juga telah mengenal dan menjual kopi Indonesia. "Dan Kopi Merapi termasuk produk kopi nusantara yang diterima pasar Finlandia dan kawasan Eropa," kata Sri Purnomo. (*/Affan)

 

Berita Terkait


 Terbaru