Pencarian Berita


DISERAHKAN LKPD ANGGARAN 2017 KE BPK JABAR

DISERAHKAN LKPD ANGGARAN 2017 KE BPK JABAR

KARAWANG  - Bupati Karawang dr.Cellica Nurachadiana didampingi Kepala BAPENDA Asikin dan Kepala DPKAD Kabupaten Karawang Hadis Herdiana, menyerahkan  LKPD di Kantor Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) Republik Indonesia Perwakilan Provinsi Jawa Barat, Jalan Muhamad Toha Bandung Kamis, pekan kemarin.

          

Kepala Perwakilan BPK RI Perwakilan Jabar Ahmad Syifa menyampaikan,  terimakasih atas kehadirannya dalam acara penyerahan LKPD ini. Katanya, berkas yang telah diserahkan itu  akan diperiksa selama 2 bln kedepan. 

      

"Dengan diserahkannya tadi maka berlaku kewajiban kami dalam pemerikasan selama 2 bulan kedepan mulai dari senin esok, guna menghasilkan opini bagi pemerintah daerah" katanya 

 

Dalam pemeriksaan,  pihaknya dua bulan kedepan akan melihat setiap baris apakah sudah sesuai standar dan menggambarkan pertanggungjawaban.

 

"Dengan diterimanya tadi,  maka Saya anggap saudara telah memenuhinya. Kita akan melihat apakah telah sama kesesuaiannya dengan peraturan yang telah ditetapkan", ujarnya

        

Dia berharap untuk dalam 2 bulan kedepan, pemerintah daerah atau para penanggung jawab dapat failebel serta kooperatif untuk kami akses guna dapat berkomunikasi. Selain pihaknya yang memeriksa,  pihaknya juga akan menugaskan 2 kantor hukum untuk melakukan pemeriksaan di ciamis dan cianjur.

     

"Ini salah satu kebijakan kami untuk serahkan pada kantor akuntan publik. Tidak ada hal perbedaan dalam pemeriksaan nantinya", tegasnya 

       

Mekanisme pemeriksaan pihaknya akan menyampaikan apapun yang sekiranya  mungkin jadi kendala atau belum sesuai setandart.

 

"Untuk itu pada tim silahkan nanti berkomunikasi untuk menyampaikan bilamana terdapat temuan di pemerintah daerah nantinya", tegasnya

          

Dalam hal ini, Opini adalah sebuah kesimpulan akhir, belum tentu ketika menyampaikan WTP (Wajar Tanpa Pengecualian) clear dari kesalahan.  artinya BPK masih mentolerir dalam matrealitas yang telah di tetapkan.

 

Kemudian jangka waktu yang akan dilaksanakan di lapangan yaitu sampai 6 Mei, selanjutnya akan dilakukan pembahasan di Bandung sampai mendapat  kesimpulan dari hasil pemeriksaan.

 

Dia menginformasikan, bahwa Tahun ini pihaknya akan masuk untuk melihat dan memeriksa secara tematik alokasi dana desa yang telah digulirkan. (NM/Jay)