Tue,25 September 2018


BPI KPNPA RI Jabar Minta Kajari Bandung Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Mandek

Indofakta 2018-03-31 15:03:40 Hukum / Kriminal
BPI KPNPA RI Jabar Minta Kajari Bandung Tuntaskan Kasus Korupsi Yang Mandek

BANDUNG  - Seiring telah dilantiknya Kajari Kota Bandungan yang baru Rudi Irmawan. SH.,MH,  Lsm BPI KPNPA (Lembaga Swadaya Masyarakat Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran)  Provinsi Jawa Barat meminta Kajari Kota Bandung untuk segera menindaklanjuti kasus kasus besar dugaan korupsi yang mandek di Kota Bandung.

Hal itu disampaikan Yunan Buwana. Melalui indofakta.com(31/3/2018),  Ketua BPI KPNPA Jabar itu menyebutkan, Salah satu kasus mega korupsi di Bandung yang menjadi catatan kami yakni, Kasus korupsi Bansos yang telah Terbukti melakukan tindak pidana korupsi dan di vonis pengadilan Tipikor Bandung yaitu menghukum H. Amar Kasmara pidana penjara selama 5 tahun, pidana denda sebesar Rp200 juta subsider selama 3 bulan. Terdakwa juga dibebani untuk membayar uang pengganti kerugian Negara sekitar Rp8.944.200.000 atau 20 % dari total kerugian keuangan Negara. Bila terdakwa tidak membayarnya maka terdakwa dikenakan pidana kurungan selama 1 tahun dan terdakwa tetap ditahan.

Namun pada saat sudah menyatakan upaya banding, terdakwa meninggal dunia di Rutan Kebon Waru Kota Bandung. Dalam hal ini, sesuai yang tercantum dalam Surat Dakwaan, maka Kejari Kota Bandung melimpahkan perkara Bansos tersebut dengan terdakwa Edi Siswadi. Ini jelas hutang perkara yang harus dituntaskan. Meninggal nya H. Amar Kasmara bukan berarti perkara tersebut harus ditutup karena perbuatan dilakukan bersama dengan Edi Siswadi. 

Perbuatan terdakwa telah merugikan keuangan Negara dan dijatuhi hukuman karena melanggar Pasal 2 ayat (1)  jo. Pasal 18 UU No. 31 UU Tahun 1999 jo. UU No. 20 Tahun 2001 Tentang PTPK jo. Pasal 55 ayat (1) ke-1jo. Pasal 64 ayat (1) ke- KUHPidana. 

Selanjutnya ada perkara korupsi an. Tdw. Alex Tahsin yg sdh divonis MA RI selama 7 tahun. Sampai Sekarang belum dieksekusi oleh Kejari Kota Bandung. Selain itu ada perkara korupsi Bansos Tahun 2009 dan 2010, dari 13 orang terdakwa, baru 7 orang yang diadili sedang  6 orang lagi termasuk Dada Rosada belum diadili.

Kami tentunya sangat mendukung Kajari Kota Bandung untuk segera menuntaskan kasus kasus tersebut yang sudah lama mandek dan kasus lainnya yang sudah dilaporkan,  Ujar Yunan sembari mengucapkan selamat bertugas kepada Rudi Irmawan.(Y CHS).

 

Berita Terkait