Sat,21 April 2018


Kenaikan BBM Perlu Dibatalkan

Indofakta 2018-03-31 11:25:31 Politik
Kenaikan BBM Perlu Dibatalkan

JABAR -- Kenaikan BBM dengan jenis BBM Pertalite sebesar Rp. 200,- per liter dalam pekan ini banyak dikeluhkan masyarakat bahkan sempat mengundang aksi demontrasi mahasiswa di beberapa daerah.

 

Berkenaan dengan kenaikan harga BBM tersebut, sebaiknya pemerintah membatalkan.

 

Hal ini, diungkapkan Anggota Komisi IV DPRD Jabar, Hasbullah dalam keterangannya  kepada Indofakta, pekan ini.

 

Hasbullah, dalam keterangannya memaparkan dari sisi regulasi kenaikan harga BBM jenis Pertalite tidak tepat karena sebelumnya pemerintah sudah berjanji "tidak akan menaikkan harga BBM sampai Pemilu tahun 2019 mendatang.

 

Bahkan lebih parah lagi, kenaikan harga Pertalite tidak diumumkan secara resmi.Kenaikan justru terjadi ketika masyarakat membeli Pertalite dj SPBU lalu di SPBU sudah dipasang pengumuman kenaikan harga.

 

Dari sisi kelayakan kondisi sosial ekonomi, sambung Hasbullah juga tidak layak karena yang menggunakan BBM jenis Pertalite sebagian besar adalah mereka yang berpenghasilan menengah ke bawah.

 

Di sisi lain, untuk pengawalan BBM jenis Pertalute otoritas ada ditangan pemerintah termasuk pemberian subsidi.

 

Jika kenaikan terjadi untuk jenis Pertamax masih bisa dapat diterima karena dari sisi regulasi penentuan harga Pertamax mekanisme harga sepenuhnya diserahkan pada pasar.

 

Kenaikan harga Pertamax, ujar Hasbullah dari sisi sosial ekonomi masih realistis karena sebagian besar pengguna berasal dari kalangan menengah keatas (az/nur)

Berita Terkait