Sat,21 April 2018


Pjs. Bupati Absen Kehadiran Camat Pada Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

Indofakta 2018-03-27 18:28:44 Daerah
Pjs. Bupati Absen Kehadiran Camat Pada Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba

SUMEDANG -- Pjs. Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto menginstruksikan kepada seluruh Camat Se-Kabupaten Sumedang untuk mengikuti kegiatan-kegiatan pemerintahan secara pribadi, tanpa mewakilkan. Instruksi Pjs. Bupati tersebut disampaikan setelah dirinya mengabsen satu persatu camat yang menjadi peserta pada kegiatan Rapat Kerja Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba bersama Instansi Pemerintah yang diselenggarakan di Hotel Puri Khatulistiwa, Selasa (27/3).

 

Dari 26 Kecamatan yang ada di Sumedang, terdapat 10 kecamatan yang camatnya tidak hadir dan mewakilkan. Ketidakhadiran mereka ditengarai adanya kepentingan-kepentingan lainnya yang mendesak. 

 

‘’Kegiatan-kegiatan seperti ini sangat penting untuk dihadiri. Selain bermanfaat untuk kita, Raker Pemberdayaan Masyarakat Anti Narkoba bersama Instansi Pemerintah ini adalah salah satu implementasi dari aparatur daerah dalam pengendalian dan juga pemberantasan penyalahgunaan narkoba,” katanya.

 

 Dikatakan Sumarwan, raker tersebut merupakan awal dari pembuktian para aparatur pemerintahan dalam menghasilkan sumbangsih atau kontribusi untuk memerangi bahaya narkoba. Menurutnya, pemerintah mempunyai kewajiban untuk turut andil menyelamatkan generasi muda dari bahaya penyalahgunaan narkoba.

 

“Mari kita bersama-sama memperhatikan dan menjauhkan keluarga kita, lingkungan serta instansi untuk berhati-hati kepada setiap perkembangan zaman, termasuk peredaran narkoba yang semakin mudah dan pesat yang tentunya akan memberi pengaruh terhadap kehidupan kita,” ujar Sumarwan.

 

Disampaikan Sumarwan, kegiatan raker tersebut sangat penting diikuti, pasalnya dalam kegiatan tersebut terdapat edukasi tentang bahaya penyalahgunaan narkoba, cara pencegahan dan juga pemberantasannya. Selain itu, kegiatan tersebut memberikan edukasi tentang bahya penyebarluasan narkoba dan hukuman penyalahgunaan narkoba, terutama bagi  PNS.

 

 “Saya sangat berharap pemerintah daerah dapat mencegah menanggulangi bahaya narkoba di Sumedang. Sosialisasi seperti ini bisa dilakukan secara periodik di lingkungan dinas-dinas, lingkungan keluarga, juga masyarakat.

 

Sementara itu, Diki Hadiansyah, S.Sos, M. Si selaku ketua penyelenggara menyampaikan maksud dan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut adalah untuk memberikan pemahaman yang baik kepada para aparatur pemerintahan tentang bahaya narkoba dengan pemerdayaan masyarakat.

 

“Tujuan kegiatan ini sendiri adalah untuk meningkatkan kualitas aparatur dan masyarakat dalam setiap pembangunan yang berwawasan narkoba,” ujarnya.

 

Disampaikan Diki, materi yang disampaikan pada kegiatan tersebut meliputi program dan strategi penguatan pembangunan berwawasana anti narkoba, serta kebijakan pemerintah daerah dalam upaya pencegahan dan pemberantasan penyalahgunaan narkoba melalui pelibatan perangkat kecamatan di Kabupaten Sumedang.

 

‘’Mudah-mudahan, para camat sekaligus peserta dalam raker ini dapat memberikan informasi kepada masyarakat, lingkungan keluarga dan juga lingkungan kerja tentang bahaya dan juga pencegahan penyalahgunaan narkoba di Sumedang,’’ kata Diki.    (hms/rls)

Berita Terkait