Thu,26 April 2018


Pemkab Sumedang Gelar Kegiatan Pendampingan Penyusunan LKIP Tahun 2018

Indofakta 2018-03-26 14:27:01 Daerah
Pemkab Sumedang Gelar Kegiatan Pendampingan Penyusunan LKIP Tahun 2018

SUMEDANG -- Dalam rangka perbaikan nilai Laporan Kinerja Instansi Pemerintah (LKIP) di lingkungan Pemerintah Kabupaten Sumedang, Bagian Organisasi Setda Kabupaten Sumedang menggelar kegiatan Pendampingan Penyusunan LKIP Tahun 2018 di Aula Tampomas IPP, Senin (26/3).

Kegiatan tersebut dihadiri oleh seluruh pejabat struktural eselon III dan kasubag program pada lingkup PemKab Sumedang serta menghadirkan narasumber dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Kemenpan RB).

Kabag Organisasi, Dra. Ani Apriani Rumdana, MM yang bertindak selaku ketua penyelenggara mengatakan tujuan Pemkab Sumedang  melaksanakan pendampingan dalam penyusunan LKIP oleh Kemenpan RB adalah untuk penyempurnaan penyusunan LKIP yang sesuai dengan ketentuan perundang-undangan yang berlaku.

“LKIP merupakan produk akhir dari SAKIP (Sistem Akuntabilitas Kinerja Instansi Pemerintah) yang menggambarkan kinerja yang dicapai oleh suatu instansi pemerintah atas pelaksanaan program dan kegiatan yang dibiayai oleh APBN / APBD,’’ katanya.

Selain itu, menurut Ani, tujuan lain diadakannya kegiatan pendampingan penyusunan LKIP tersebut adalah untuk memberikan pemahaman kepada para peserta, yang bertindak selaku penyusun LKIP pada Organisasi Perangkat Daerah (OPD) nya masing-masing. 

“Dengan diadakannya kegiatan ini, diharakan para penyusun LKIP dapat menyusunnya dengan berpijak kepada pada ketentuan-ketentuan yang ada. Disamping itu, kegiatan pendampingan ini juga sebagai salah satu langkah untuk memperkuat komitmen pimpinan perangkat daerah serta penguatan soliditas tim fasilitasi SAKIP,’’ ujar Ani.

Sementara itu, Pjs. Bupati Sumedang, Ir. H. Sumarwan Hadisoemarto yang didaulat untuk membuka kegiatan tersebut dalam sambutannya mengajak para peserta untuk memanfaatkan kegiatan tersebut, sehingga tujuan dari kegiatan Pendampingan Penyusunan LKIP dapat dilaksanakan dalam penyelenggaraan roda pemerintahan di Kabupaten Sumedang.

“Dalam penyusunan LKIP, kita dituntut untuk melaksanakannya sesuai dengan peraturan yang berlaku. Tulislah yang akan dikerjakan terlebih dahulu, kemudian kerjakan apa yang sudah tertulis, kemudian lakukan evaluasi sehingga program-program yang telah kita rencanakan, tidak ada yang meleset,’’ kata Sumarwan.

Disampaikan Pjs. Bupati, menurut laporan hasil evaluasi yang disampaikan BPKP perwakilan Jawa Barat, sampai dengan saat ini hasil evaluasi Pemkab Sumedang hanya mendapat nilai 48,58 atau setara dengan predikat penilaian C, berangkat dari kenyataan tersebut, Pjs. Sumarwan mengharapkan rekomendasi dari hasil evaluasi yang diberikan tersebut, dapat menjadi perhatian yang harus segera ditindaklanjuti sehingga terjadi peningkatan akuntabilitas kinerja yang lebih baik pada tingkat pemerintah daerah dan OPD. 

“Kita harapkan bersama, melalui kegiatan ini, mudah-mudahan dapat menjadi sarana peningkatan pemahaman secara teknis, sehingga pada saat penyusunan LKIP di masing-masing OPD, dapat dijadikan sebagai bahan penyempurnaan dalam penyesuaian SAKIP, khususnya di Kabupaten Sumedang,’’ujar Sumarwan diakhir sambutannya.(hms/rls)

Berita Terkait