Kulon Progo Miliki Gedung Taman Budaya

 Mon,20 August 2018


Kulon Progo Miliki Gedung Taman Budaya

Indofakta 2018-03-12 22:04:09 Infotainment
Kulon Progo Miliki Gedung Taman Budaya

WATES -- Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melalui anggaran Dana Keistimewaan tahun 2014-2017, berhasil membangun gedung baru berupa Taman Budaya di atas tanah kas Desa Pengasih seluas 4,2 hektare.

 

Sebagai penanda progres pembangunan tersebut, Senin (12/3/2018) pagi, Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X didampingi Bupati Kulon Progo Hasto Wardoyo melakukan soft opening secara simbolik dengan penanaman pohon sawo kecik.

 

Gubernur DIY, Sri Sultan HB X, berharap agar gedung Taman Budaya ini difungsikan dengan baik untuk pengembangan seni dan budaya di Kabupaten Kulon Progo. "Mengingat pembangunan dan perawatan gedung ini memerlukan biaya yang relatif tinggi," tandas Sri Sultan HB X. 

 

UPT yang nantinya dibentuk untuk mengelola Taman Budaya ini, juga diminta Gubernur DIY lebih kreatif dalam mendapatkan tambahan pendapatan asli daerah (PAD) untuk pengelolaan Taman Budaya. “Dengan dibangunnya Taman Budaya ini, masyarakat Kulon Progo saya harap mempunyai kesadaran baru untuk tetap melestarikan, nguri-uri budaya dan kearifan lokal yang menjadi kekuatan di dalam konteks global," kata Sri Sultan HB X.

 

Bupati Kulon Progo, dr H Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), menjelaskan, pembangunan konstruksi gedung Taman Budaya dilaksanakan secara bertahap dimulai sejak tahun 2014 dengan anggaran dari Dana Keistimewaan, masing-masing pada tahun 2014 sebesar Rp 3,3 miliar, tahun 2015 sebesar Rp 9,9 miliar, tahun 2016 sebesar Rp 4,3 miliar dan tahun 2017 sebesar Rp 26,3 miliar.

 

Gedung Taman Budaya Kulon Progo ini dilengkapi dengan bangunan joglo pendopo, mushola, panggung tertutup, gedung teater terbuka, rumah genset, gapura dan pagar keliling, dilengkapi sound system dan AC, serta berbagai fasilitas penunjang lainnya. Untuk tahun 2018 rangkaian pembangunan Taman Budaya Kulon Progo akan menyelesaikan pembangunan teater terbuka. (*/affan)

Berita Terkait