Wed,17 October 2018


Diduga ada Kebocoran Pipa Pertamina Lahan Pertanian Warga Tercemar

Indofakta 2018-03-08 21:34:29 Daerah
Diduga ada Kebocoran Pipa Pertamina Lahan Pertanian Warga Tercemar

TASIKMALAYA -- Pipa saluran minyak Solar, Di duga bocor di tengah area pesawahan  milik warga. Kali ini, berada di Kawasan Kampung Sukasirna, Kecamatan Ciberum Kota Tasikmalaya,Jawa Barat tepatnya di belakang Depo Pertamian Tasikmalaya Kamis(08/03/2018)siang.

 

Enung (43) salah satu warga, mengatakan bocornya pipa Pertamina ini sudah berlangsung selama tiga hari. Tumpahan minyak tersebut menyebabkan warga khawatir  mencemari Area pertanian dan ternak milik warga.

 

Sejumlah pekerja dan petugas pertamina berusaha mencari titik diduga kebocoran bahan bakar solar di area pesawahan dan selokan yang mengalir ke pemukiman.

 

Selain mencemari solokan, kebocoran juga sudah menyebar ke lahan pertanian dan kolam-kolam ikan milik warga yang berada di belakan depo pertamina tasikmalaya itu,

 

Solar yang berhasil diangkat dari area peswahan di angkut menggunakan jerigen dan drum milik pertamina,upaya untuk mengurangi pencemaran.

 

Dengan kebocoran ini sejumlah warga setempat  merasa resah dan terganggu akibat bau yang menyengat,bahkan warga ketakutan terjadinya ledakan di lokasi kebocoran tersebut.

 

Saat di tanya sejumlah wartawan Enung menuturkan,"ikan milik saya pada mati kerena limbah kondisi ikan mati saya udah laporan ke pihak petamina sudah dipoto petugas ke sini katanya mau di ganti" paparnya.

 

Meski belum jelas penyebab tercemarnya sawah dan aliran air di pemukiman warga tersebut pihak Pertamian masih melakukan pemeriksaan dan menunggu pihak pertamina pusat.

 

Di duga kebocoran tersebut berawalnya ada lubang sebesar lubang kepiting datang nya sedikit sedikit nga nyembur. Sudah tiga hari kemaren dan  sudah dilaporkan ke pertamina. 

 

Kebocoran ini sudah terjadi hampir 3 hari yang lalu, namun tercemarnya kolam dan sawah warga yang parah terjadi kamis pagi. (Andri)

 


.

Berita Terkait


 Terbaru