Wed,17 October 2018


Lsm BPI Jabar Sorot Sejumlah Dugaan Kerugian Keuangan Daerah Kabupaten Cirebon

Indofakta 2018-03-06 10:36:24 Hukum / Kriminal
Lsm BPI Jabar Sorot Sejumlah Dugaan Kerugian Keuangan Daerah Kabupaten Cirebon

JABAR - Yunan Buwana selaku ketua LSM BPI (Badan Peneliti Independen) Provinsi Jawa Barat akan terus mengawasi segala bentuk penyimpangan dalam penggunaan anggaran APBD di Jawa Barat. Hal tersebut disampaikannya di Sekretariat BPI KPNPA RI Jabar di Jln. Margacinta 89a Bandung (6/3/18).

 

Menurutnya, ada beberapa daerah yang menjadi sorotan salah satunya adalah Kabupaten Cirebon terdapat catatan kerugian keuangan daerah dalam LHP BPK Jabar tahun anggaran 2016.

 

"Dalam catatan kami Dinkes Kabupaten Cirebon diperintahkan oleh BPK Jabar untuk mengembalikan kerugian keuangan daerah pada Kas Daerah sebesar Rp37.085.384,-  dan pada Dinas Cipta Karya dan Tata Ruang Kabupaten Cirebon sebesar Rp531.612.135,-.

 

Dua kasus tersebut terkait atas Belanja Modal Pengadaan Konstruksi/Pembelian Gedung Olah raga pada DKTR dan Pengadaan Konstruksi Gudang Farmasi pada Dinas Kesehatan. Hal ini sudah kami laporkan kepada Kejaksaan Tinggi Jawa Barat. Kami berharap kasus ini tetap diusut tuntas jangan didiamkan," harapnya.

 

Selain 2 hal tersebut Kabupaten Cirebon juga diperintahkan oleh BPK Jabar untuk mempertanggung jawabkan Penerima Hibah dan Bansos pada beberapa SKPD Rp3.098.888.000,- untuk diklarifikasi dan di verifikasi oleh inspektorat. "kami menduga ada aroma penyimpangan dalam hal tersebut, untuk itu kami akan menunggu LHP BPK RI TA 2017 apakah ada pengembalian kerugian keuangan daerah atau tidak, sekali lagi kami mohon dari Kejaksaan Tinggi Jawa Barat untuk tidak sungkan menindak lanjuti kasus tersebut, " ujarnya.(Y CHS).

Berita Terkait


 Terbaru