Wed,20 June 2018


Bupati tinjau 5 titik longsor dan abrasi

Indofakta 2018-03-02 21:30:12 Daerah
Bupati tinjau 5 titik longsor dan abrasi

SUMEDANG -- Pjs Bupati Sumedang Ir. H. Sumarwan Soemarto, sejak siang hari tadi selepas shalat jum'at melaksanakan peninjauan lokasi bencana tanah longsor dan abrasi sungai di beberapa titik Kecamatan di Buahdua dan Kecamatan Surian, jum'at (02/03/2018)

Menurut penuturan warga setempat, bencana tanah longsor yang menimpa di dua blok yaitu blok picung bodong dan blok Pasir peundey Dusun Citunggul desa mekarmukti terjadi pada hari Kamis  sekitar pukul tiga sore saat hujan lebat mengguyur kecamatan Buahdua. Beruntung longsor tidak menimbun rumah penduduk atau bangunan lainnya, melainkan hanya pinggir jalan.

Hujan lebat yang mengguyur di kecamatan buahdua, tidak hanya menimbulkan longsor di beberapa titik namun juga menimbulkan kerusakan lainnya seperti yang terjadi di jalan Dusun Curug Desa Hariang Buahdua.

Sekitar 100 meter jalur Cisumur-hariang mengalami kerusakan dan terancam putus. Hal ini selain disebabkan kontur tanah yang labil juga disebabkan tidak adanya drainase sehingga mengakibatkan jalan amblas.

Saat meninjau lokasi tersebut, Bupati langsung berkoordinasi dengan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD)  dan Pemerintah Desa setempat untuk segera melakukan penanganan.

“Minimal akses jalan kita sterilkan dulu, sambil BPBD melaksanakan review lapangan berapa jumlah titik longsor dan kerusakan jalan yang harus segera ditangani,” Ujar Bupati.

“Saya harap camat Buahdua dan instansi teknis terus berkoordinasi dan melaporkan setiap perkembangan kepada kami sehingga penanganan pasca bencana tanah longsor dapat segera dilakukan dan tidak menghambat aktivitas masyarakat,” sambungnya.

Pada kesempatan tersebut, Bupati kemudian melanjutkan peninjauan ke Jembatan Cibodas desa Wanasari. Selain mengakibatkan kerusakan jembatan, lima rumah warga  desa ranggasar yng berada dipinggir sungai juga ikut tergerus terkena abrasi.

Dikatakan Kepala Desa Wanasari Sebelum ada bantuan, jembatan hanya bisa dilalui kendaraan motor dan setelah ada bantuan swadaya dari 3 desa yaitu
Desa Ranggasari, Wanasari dan wanajaya Alhamdulillah bisa dilalui motor dan mobil walaupun masih rawan.

Saat dimintai keterangan, Kepala Dinas PU Sujatmiko mengatakan bahwa untuk penanganan jembatan cibodas saat ini segera melaksanakan pembangunan jembatan Cibodas.

"Saat ini untuk pembangunan Jembatan Cibodas sudah dianggarkan sebesar 1, 9 Milyar, Insya allah bulan  Maret-april dana tersebut turun dari pemerintah sehingga pembangunannya dapat dilalukan sesegera mungkin" ujarnya.
(Rls/hms)
.

Berita Terkait