Fri,19 October 2018


Bacaleg PSI DIY Diseleksi Melalui Tim Juri

Indofakta 2018-02-20 15:42:53 Politik
Bacaleg PSI DIY Diseleksi Melalui Tim Juri

YOGYAKARTA -- DPW Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DIY telah melakukan pendaftaran bakal calon legislatif (bacaleg). 

 

Ketua DPW PSI DIY, Sigit Nugroho, mengatakan, sebagai partai yang mengklaim partainya orang muda, penentuan calon legislatif (caleg) PSI berbeda dengan yang lain. 

 

“Bacaleg akan kami seleksi melalui tim juri internal dan eksternal yang indepen. Jadi, yang menentukan bacaleg lolos menjadi caleg adalah hasil seleksi juri independen. Ini juga berlaku di seluruh Indonesia,” tandas Sigit.

 

Menurut Sigit, ketatnya persyaratan menjadi caleg dari partainya, tidak lepas dari komitmen untuk berperan dan memiliki andil melahirkan pemimpin muda progresif yang berani melawan korupsi dan melawan intoleransi. 

 

Bagi Sigit, korupsi dan intoleransi telah menjadi penyakit yang membuat Indonesia terpuruk. "Karenanya, wakil kami harus memiliki komitmen antikorupsi dan memiliki jiwa toleransi yang tinggi,” jelas Sigit lagi.

 

Saat ini sudah ada dua juri independen yang akan menyeleksi di DIY, yaitu Dr Hempry Suyanta dari Fisipol UGM dan Risa Karmida (mantan wartawan televisi swasta).

 

Kini, Partai Solidaritas Indonesia (PSI) resmi menjadi peserta Pemilu 2019 setelah ditetapkan dalam rekapitulasi nasional Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Sabtu (17/2/2018) lalu.

 

PSI bahkan mencapai keterwakilan pengurus perempuan tertinggi, dibandingkan partai-partai lain, yaitu 66,6 persen.

 

Target selanjutnya, seperti disampaikan Sigit, adalah memenangkan Pemilu 2019. “Kita isi parlemen dengan putra-putri terbaik bangsa yang kompeten, berintegritas, dan punya visi melayani publik," terang Sigit, yang menambahkan semua bentuk partisipasi dan kontribusi publik terhadap PSI sungguh sangat berarti.  

 

Bagi Sigit, syarat pembentukan partai di Indonesia adalah yang tersulit di dunia. Banyak sekali yang meremehkan PSI ketika awal didirikan. "Tetapi, puluhan ribu anak muda di PSI mementahkan anggapan tersebut," papar Sigit.

 

Meski begitu, Sigit mengucapkan terima kasih kepsda media yang selama ini setia meliput serta mengabarkan pergerakan dan ikhtiar PSI DIY dalam memperbaiki politik Indonesia. (Affan)

Berita Terkait


 Terbaru