Fri,19 October 2018


Pemkab Sleman Fasilitasi Pendaftaran HKI

Indofakta 2018-02-19 17:39:23 Daerah
Pemkab Sleman Fasilitasi Pendaftaran HKI

SLEMAN -- Pemerintah Kabupaten Sleman siap fasilitasi pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM),  pelaku seni, dan penemu pengembang iptekdi wilayah Kabupaten Sleman terkait pendaftaran sertifikasi Hak Kekayaan Intelektual (HKI).

Hal itu disampaikan Sekretaris Daerah Kabupaten Sleman, Sumadi, hari ini dalam penyelenggaraan sosialisasi sertifikasi HKI di Kantor Pemkab Sleman.

Sumadi menjelaskan, Pemkab Sleman telah meyiapkan anggaran terkait fasilitas pendaftaran sertifikasi HKI. Di dalam Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) 2018 dianggarkan untuk pendaftaran sertifikasi HKI.

"Hal ini sesuai dengan visi dan misi Kabupaten Sleman, yaitu lebih menyejahterakan masyarakat Kabupaten Sleman dengan menggunakan sistem smart regency," papar Sumadi.

Sistem smart regency atau smart city sendiri, seperti dikatakan Sumadi, tidak akan terlaksana jika pelaku UMKM tidak memperhatikan perkembangan teknologi. "Dalam hal ini sistem online," tandas Sumadi.

Oleh karena itu, melalui kegiatan sosialisasi sertifikasi HKI, Sumadi berharap dapat memberikan pemahaman bagi pelaku UMKM, baik perorangan ataupun kelompok.

Sementara itu, Kepala Bagian Perekonomian, Emmy Retnosasi, menjelaskan, selain menyejahterakan masyarakat Sleman, kegiatan sosialisasi itu juga bertujuan untuk meningkatkan pemahaman tentang jaminan kepuasan atau perlindungan bagi konsumen atas produk barang dan jasa yang telah mendapat sertifikat HKI.

"Serta meningkatkan nilai tambah atas produk yang diperdagangkan. Dan harapannya setelah sosialisasi HKI, peserta sosialisasi dapat menyebarluaskan pengetahuan tentang pentingnya sertifikasi HKI bagi pelaku usaha yang secara finansial memiliki keterbatasan pendanaan," kata Emmy yang menambahkan pengajuan proposal ke Pemkab Sleman hingga akhir Maret 2018.

Fasilitas HKI 2018 bisa bertambah, tergantung jumlah proposal yang masuk. Namun, untuk para pelaku usaha, seni maupun penemu iptek yang mampu, diharapkan dalam pengurusan HKI dapat mendaftar secara mandiri dengan biaya pribadi. (Affan)

Berita Terkait


 Terbaru