Wed,17 October 2018


Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia Gelar Festival Minum Jamu

Indofakta 2018-02-05 14:13:13 Daerah
Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia Gelar Festival Minum Jamu

YOGYAKARTA -- Dalam rangka turut mangayubagyo hadeging nagari Ngayogyakarta Hadiningrat ke-271, Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Perhimpunan Usaha Taman Rekreasi Indonesia (PUTRI) Daerah Istimewa Yogyakarta bekerjasama dengan Gabungan Pengusaha Jamu DIY dan Dinas Perindustrian dan Perdagangan DIY gelar event unik dan baru pertama kali di dunia: Festival Minum Jamu.

Kegiatan yang akan diselengarakan pada Sabtu, 17 Februari 2018pukul 14.00 - 17.30 WIB di Plaza Pasar Ngasem Yogyakarta menyediakan 2.400 gelas jamu.

Dijelaskan Widihasto Wasana Putra, Sekjen DPD PUTRI DIY, Festival Minum Jamu adalah acara yang mengundang masyarakat umum untuk bersama-sama menikmati sajian minuman tradisional jamu secara gratis.

"Tujuannya mendorong masyarakat agar gemar mengonsumsi jamu sebagai produk minuman tradisional khas Nusantara yang kaya khasiat kesehatan," kata Widihasto, Senin (5/2/2018).

Selain itu, kata Widihasto, turut memperkuat eksistensi para pelaku industri dan pedagang jamu di DIY serta sebagai bagian dari sinergi antarstakeholder untuk memperkuat promosi pariwisata DIY.

Ditambahkan Widihasto, panitia menyiapkan sedikitnya 15 jenis minuman jamu seperti: beras kencur, kunir asem, paitan, secang, serbat, temulawak, sehat lelaki, sehat wanita, telat bulan, uyub-uyub, bir plethok, pegel linu, semelak, watukan dan lain sebagainya.

Minuman jamu yang disediakan dalam acara ini berasal dari 40 pedagang jamu. Adapun anggota Gabungan Pengusaha Jamu DIY ada 30 orang pengusaha jamu dan 10 orang pedagang jamu gendong binaan Disperindag DIY. Apabila masing-masing pedagang menyediakan 60 gelas jamu, maka dalam Festival Minum Jamu bakal tersedia 2.400 gelas jamu.

Diketahui, anggota Gabungan Pengusaha Jamu DIY sendiri rata-rata sudah membuka usaha lebih dari 20 tahun. "Keberadaannya ikut menggerakkan perekonomian masyarakat," terang Widihasto.

Acara Festival Minum Jamu akan dimeriahkan demo pembuatan jamu, display bahan-bahan jamu, konsultasi kesehatan, bazar, donor darah, aneka permainan (game), lomba alabakul jamu gendong, lomba foto instagram #festivalminumjamu, pentas power princes violin, Kinari Dance, pentas jathilan Kridha Budaya, pentas musik Koes Plus bersama Kranggan Band, bagi doorprize dan sebagainya.

Bagi Widihasto, jamu merupakan produk minum tradisional yang dibuat dari aneka bahan-bahan tanaman lokal seperti jahe, kencur, puyang, temulawak, secang, sere, suruh, adas pula waras, alang-alang, pace, tempuyung, keji beling, kumis kucing, tapak dara, lidah buaya dan lain sebagainya. 

Berbagai bahan itu telah banyak dikaji secara ilmiah dan terbukti memiliki aneka ragam manfaat positif bagi kesehatan manusia. "Jamu juga terkategori sebagai produk herbal yang ramah bagi manusia," kata Widihasto.

Jamu penting untuk diapresiasi karena ia merupakan produk minuman olahan tradisional khas Nusantara. "Ia menjadi bagian dari kekayaan budaya Nusantara yang penting dijaga, dilindungi dan dikembangkan," terang Widihasto lagi.

Adapun PUTRI sebagai penggagas dan penyelenggara Festival Minum Jamu merupakan organisasi asosiasi pemilik dan pengelola taman rekreasi dan obyek wisata tingkat nasional. PUTRI didirikan pada 10 November 1977 di Jakarta. "Dengan tujuan turut memajukan dan mengembangkan industri kepariwisataan untuk kesejahteraan masyarakat," kata Widihasto.

Kepengurusan DPD PUTRI DIY masa bakti 2017 - 2022 diketuai putri bungsu Sri Sultan Hamengku Buwono X, yakni Gusti Kanjeng Ratu Bendara, sebagai representasi obyek wisata Kraton Yogyakarta. Adapun pengurus daerah antara lain pengelola XT Square, Kid's Fun, Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan dan Ratu Boko, Taman Pintar, Jogja Bay dan Kebun Binatang Gembira Loka. Sedangkan anggotanya adalah pemilik dan pngelola obyek wisata di DIY.

"Panitia mengundang masyarakat luas untuk hadir dalam acara ini," pungkas Widihasto Wasana Putra, Sekjen DPD PUTRI DIY. (Affan)

 

 

 

Berita Terkait


 Terbaru