Wed,19 September 2018


RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Atasi Masalah Kanker

Indofakta 2018-01-31 13:54:05 Serba Serbi
RSUP Dr Sardjito Yogyakarta Atasi Masalah Kanker

SLEMAN -- Salah satu masalah terbesar dalam penanggulangan kanker saat ini adalah banyaknya informasi yang kurang dapat dipertanggungjawabkan tersebar di masyarakat. Sehingga, pasien tidak melakukan pengobatan secara benar. Dan, baru datang ke pusat pelayanan kesehatan setelah terlambat.

Salah satu upaya yang penting dilakukan untuk mengatasi permasalahan kanker di Indonesia adalah dengan menerapkan pola hidup sehat.

"Sebanyak 43 persen dari seluruh kasus kanker dapat dicegah dengan menerapkan pola hidup sehat, sedangkan 30 persen dari kasus dapat disembuhkan bila ditemukan dan diobati pada keadaan dini," papar Dr dr Darwito, SH, Sp.B(K)Onk, Dirut RSUP Dr Sardjito Yogyakarta, di Ruang Bulat, Gedung Administrasi Pusat, Rabu (31/1/2018).

Di depan jurnalis, dr Darwito, yang didampingi dr Heru S, dr Purjanto Tepo Utomo, SpM(K), Susy Runtiawati, SE, MM (Kabid Penunjang dan Sarana), Sri Rahayu, SKep, Ners (Kepala Unit Promosi Kesehatan Rumah Sakit), Banu Hermawan, SH, MHLi (Humas), mengatakan, dalam rangka mengurangi beban akibat kanker, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta berusaha menjangkau masyarakat secara kolektif maupun individual untuk menjalankan peranannya masing-masing.

"Masing-masing anggota masyarakat mempunyai kekuatan untuk melakukan tindakan dalam rangka mengurangi dampak kanker kepada individu, keluarga dan komunitas," kata dr Darwito.

Menurut Darwito, hari kanker sedunia merupakan kesempatan untuk merefleksikan apa yang dapat dilakukan semuanya untuk membuat perubahan dalam perjuangan melawan kanker.

"Yaitu mengajak organisasi profesi terkait kanker, rumah sakit pemerintah dan swasta serta berbagai lembaga sosial masyarakat," kata Darwito yang menambahkan hal itu untuk mendukung sasaran strategis yang telah disusun untuk tahun 2018-2019 oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN).

Dalam peringatan Hari Kanker Sedunia, seperti disampaikan dr Fajar Waskito, SpKK, MKes(K), selaku ketua panitia HUT ke-36, RSUP Dr Sardjito Yogyakarta pada Minggu, 4 Februari 2018 di halaman Gedung Instalasi Rawat Jalan adakan 1st Sardjito Fun Run 2018 yang akan dilepas Dirjen Kesmas Kemenkes RI didampingi jajaran Direksi RSUP Dr Sardjito. 

"Ini adalah kegiatan lari gembira yang mengajak sivitas hospitalia, sivitas akademika, kelompok lari dan masyarakat umum untuk berlari," papar Fajar Waskito, yang menambahkan lari sejauh 5 km akan diikuti 1.250 orang dengan rute RSUP Dr Sardjito-selokan Mataram-lembah kampus UGM-masjid kampus UGM-Lapangan Pancasila-Bunderan UGM-Jl Kaliurang dan kembali ke RSUP Dr Sardjito

Memeriahkan acara itu akan ada stretching dan senam Zumba, demo masak sehat oleh chef Jojo (Aston Hotel) dan talkshow kesehatan "breast cancer" oleh Dr dr Darwito, SH, Sp.B(K)Onk (Dirut RSUP Dr Sardjito).

Selain meningkatkan kewaspadaan dan kepedulian masyarakat mengenai bahaya kanker, kegiatan itu bertujuan agar masyarakat menyadari akan pentingnya menerapkan pola hidup sehat sebagai upaya pencegahan kanker.

"Diharapkan dapat memotivasi masyarakat untuk menerapkan pola hidup sehat dengan menjaga makanan gizi seimbang maupun rutin berolahraga sebagai salah satu upaya dalam pencegahan kanker," pungkas dr Darwito. (Affan)

Berita Terkait


 Terbaru