Sat,24 February 2018


KPU Tasikmalaya gelar Coklit

Indofakta 2018-01-20 21:27:47 Politik
KPU Tasikmalaya gelar Coklit

TASIKMALAYA -- Jelang pilkada serentak,Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya menggelar pencocokan dan penelitian ( COKLIT) data pemilih mulai tanggal 20 januari.

 

KPUD Kota Tasikmalaya Melakukan Coklit terhadap Wakil Walikota Tasikmalaya H Muhamad Yusuf sabtu(20/01/2018) siang di Kediamanya Perum Garungang,Kecamatan Indihiang,Kota Tasikmalaya,Jawa Barat.

 

Wakil Walikota Tasikmalaya ini menyambut petugas pemutakhiran data pemilih (PPDP) di kediamanya di dampingi istrinya.

 

HM Yusup mengaku kaget didatangi petugas coklit lengkap dengan komisioner KPU provinsi serta Anggota KPUD Kota Tasikmalaya serta panwaslu.

 

"Artinya, ini tugas mereka untuk mencocokan pendatan kepada masayarakat termasuk saya sebagai warga masayarakat mencocokan untuk nanti sebagai data pemilih sesuai dengan kartu keluarga, KTP "Ujarnya.

 

Lebih Lanjut HM Yusup menuturkan,"kita berikan data kepada mereka saya kira hal ini baik untuk masayarakat saya juga kemarin udah sampaikan seharunya jangan ke saya masayarakat langsung saya yang hadir kepada mereka tapi ini kebijakan KPU" paparnya.

 

Petugas PPDP mencocokan nomor induk kependudukan dengan nomor yang tertera dalam kartu keluarga. Hasilnya,dinyatakan sesuai hingga yusup bisa menerima formulir pemilihan dari KPU yang berarti berhak mengikuti pencoblosan.

 

KPU pastikan jika petugas PPDP yang akan mengunjungi masyarakat memiliki tanda pengenal serta mengenakan rompi.

 

Selain antisipasi tindak kriminal terhadap warga, hal ini dilakukan sebagai bentuk profesionalisme dalam pendataan pemilih.

 

sementara Itu,Komisioner KPU Kota Tasikmalaya Ade Jaenun menuturkan,"hari ini kita melaksanakan coklit serentak dalam rangka pemilihan umum PILGUB 2018 mendatang yang di lakukan seluruh PPDP se Kota Tasikmalaya dan kebetulan pablik-pablik pigur ini ada di wilayah PPDP tersebut segaja pablik pigur ini kita dampingi dari kpu panwas dan rekan-rekan media juga"imbuhnya.

 

Pemerintah daerah Kota Tasikmalaya jawa barat mengaku sudah menyerahkan daftar pemilih awal ke kpu pusat sejak november tahun 2017 lalu. Coklit akan dilakukan sampai tanggal 12 februari tahun 2018 mendatang. (Andri)

Berita Terkait