Wed,17 January 2018


Mengembangkan Mu'allimaat Lebih Baik Lagi

Indofakta 2018-01-03 14:27:40 Serba Serbi
Mengembangkan Mu'allimaat Lebih Baik Lagi

YOGYAKARTA -- Ketua PP Muhammadiyah, yang juga Ketua Umum Pimpinan Pusat Aisyiyah, Dra Hj Siti Noordjannah Djohantini, MM, MSi, hari ini di aula Mu'allimaat melantik Direksi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah.

Usia melantik juga menyaksikan serah-terima jabatan Direktur dan Wakil Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta didampingi Ketua Badan Pengurus Harian (BPH) Mu'allimin Mu'allimaat Muhammadiyah Dr H Agung Danarto, MAg.

Direksi Madrasah Mu'allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, diharapkan Noordjannah Djohantini, mengembangkan madrasah ke arah yang lebih baik.

“Saya percaya, direksi yang baru ini tawadhu’ dan bekerja keras untuk Mu’allimaat ke depan,” kata Noordjannah yang mengapresiasi, bangga, dan berterimakasih kepada para pimpinan yang sudah tidak menjabat lagi.

Noordjannah meyakini, Direksi Mu'allimaat mengkhidmati kepemimpinannya. "Membawa proses selama empat tahun yang tidak sebentar untuk menjadikan Mu’allimaat sebagai madrasah terpandang dengan prestasi yang menggembirakan," tandas Noordjannah.

Di sisi lain, Ketua BPH Mu'allimin Mu'allimaat, Dr H Agung Danarto, MAg, berharap, keterpandangan Mu’allimaat harus bisa dilihat dari sisi kesejahteraannya. "Walaupun para guru dan karyawan sudah sumringah merasakan kegembiraan karena kehidmatannya, namun kesejahteraannya harus tetap menjadi sesuatu yang harus dipikirkan bersama-sama," kata Agung.

Muhammadiyah, bagi Agung Danarto, saat ini menjadi harapan bagi bangsa dan masyarakat. "Untuk itu, sebagai salah satu amal usaha Muhammadiyah harus bisa mengimplementasikan harapan tersebut," papar Agung Danarto yang menambahkan mengembangkan pondok pesantren tentu memiliki tantangan tersendiri bagi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah yang harus mendidik perempuan putri Islam menjadi calon kader pemimpin dan penerus bangsa.

Direksi Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta periode 2018-2021 terdiri dari Direktur: Agustyani Ernawati, S.Pd, Wakil Direktur I Bidang Kurikulum: Elpin Eliana, S.Pd, Wakil Direktur II Bidang Keuangan dan Tata Usaha: Dwi Susilawati, S.Pd, Wakil Direktur III Bidang Kesiswaan: Unik Rasyidah, M.Pd dan Wakil Direktur IV Bidang Pesantren: Rena Achsana Putri, S.Pd.

Menurut Direktur Madrasah Mu’allimaat Muhammadiyah Yogyakarta, Agustyani Ernawati, mengembangkan Mu’allimaat memang tidak mudah. "Karena harus bertanggungjawab menjaga 1.066 siswa dan juga mendidik, memberi pelajaran dan mengembangkan sekolah,” ujar Agustyani.

Di Mu’allimaat, siswinya tidak berasal dari keluarga Muhammadiyah. "Tapi ada orang tua yang mengiginkan anaknya menjadi kader Muhammadiyah yang berkualitas," katanya. 

Perkembangan pondok pesantren Muhammadiyah berkembang pesat. Di seluruh Indonesia, saat ini tercatat ada 200 pondok pesantren Muhammadiyah. "Dan ini menjadi tantangan sendiri bagi Mu’allimaat untuk semakin meningkatkan eksistensinya di masa yang akan datang,” tegas Agustyani. (Affan)

 

 

Berita Terkait