Wed,17 January 2018


DPW PSI DIY Optimis Lolos Peserta Pemilu 2019

Indofakta 2017-12-22 20:03:49 Politik
 DPW PSI DIY Optimis Lolos Peserta Pemilu 2019

YOGYAKARTA -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melakukan verifikasi administrasi terhadap Partai Solidaritas Indonesia (PSI).

Verifikasi ini, mencakup struktur organisasi, keterwakilan perempuan, dan segi pengurusan lainnya.

Verifikasi administrasi dilakukan setelah PSI dipastikan lolos dari persyaratan keanggotaan dan akan menjadi peserta Pemilu 2019. "Hasilnya nanti kami rapat plenokan dan disampaikan ke KPU Pusat," kata Hamdan Kurniawan, Komisioner KPU DIY, Jum'at (22/12).

Nantinya, hasil verifikasi menjadi pertimbangan bagi KPU Pusat: apakah PSI lolos seleksi faktual atau tidak? Dan, proses ini akan berjalan hingga 4 Januari 2018. 

KPU Pusat yang akan menyampaikan lolos faktual atau tidak? Dan, PSI merupakan bagian dari 14 partai yang sudah dinyatakan lolos seleksi administrasi. Lainnya adalah PAN, Berkarya, PDIP, Partai Demokrat, Partai Gerindra, Partai Garuda, Partai Golkar, Partai Hanura, PKS, PKB, Partai Nasdem, dan PPP.

Sementara, 9 parpol lain yang melakukan pendaftaran susulan, hanya beberapa saja yang menyerahkan berkas: PKBI, PBB, Partai Idaman dan Partai Republik. 

Dalam setiap proses, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) DIY terus mendampingi KPU DIY di masing-masing kabupaten dan kota. "Hanya saja tidak semua personel sekretariat bisa kami libatkan," terang Sri Rahayu Werdiningsih, Komisioner Divisi Penindakan Pelanggaran Bawaslu DIY.

Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Solidaritas Indonesia (PSI) DIY setelah diverifikasi faktual oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) DIY di Kantor DPW PSI DIY Jalan Nyi Pembayun, Kotagede, Yogyakarta, berharap bisa menjadi peserta Pemilu 2019.

Verifikasi faktual ini merupakan salah satu tahapan verifikasi yang harus dilakukan partai politik agar bisa menjadi peserta Pemilu 2019. 

Sesuai peraturan KPU dan perundangan yang ada, salah satu tahapannya adalah penelitian administrasi yang lolos administrasi dilakukan dengan verifikasi vaktual. 

“Setelah verifikasi kantor, struktur kepengurusan dan keterwakilan tiga puluh persen perempuan, kita optimis bisa lolos," kata Sigit.

KPU DIY juga melihat kesiapan administrasi dan persyaratan pendukung perkantoran. "Semuanya sudah cukup," tandas Hamdan Kurniawan. 

Ketua DPW PSI DIY, Sigit Nugroho, menjelaskan, sejak awal telah mempersiapkan guna proses verifikasi faktual. "Saya berharap dapat lolos menjadi partai peserta pemilu 2019," papar Sigit yang menambahkan jauh sebelumnya disiapkan kartu tanda anggota (KTA) hingga keterlibatan 30 persen perempuan dalam kepengurusan. (Affan)

Berita Terkait