Wed,17 January 2018


Sapta Lomba Warnai Pentas PAI SD Tingkat Kab. Sumedang

Indofakta 2017-12-14 15:44:53 Edukasi
Sapta Lomba Warnai Pentas PAI SD Tingkat Kab. Sumedang

SUMEDANG -- Dalam rangka memeriahkan HUT PGRI Ke-72, PGRI Kab. Sumedang bersama Kementerian Agama Kab. Sumedang selenggarakan Sapta (tujuh) lomba pada Pekan Keterampilan dan Seni Pendidikan Agama Islam (Pentas PAI) Sekolah Dasar di Alun-Alun Sumedang, Kamis (14/12). Kegiatan tersebut merupakan agenda rutin tahunan yang dilaksanakan dari tingkat gugus sekolah dasar di tingkat kecamatan sampai ke tingkat nasional.

Adapun lokasi Sapta lomba tersebut meliputi lomba cerdas cermat agama (LCA) diselenggarakan di SDN Sukaraja I, Lomba ceramah/pildacil di aula PKK, Hifzhil Qur’an di SMP NU, kaligrafi di SDN Sukaraja I dan 2, Musabaqoh Tilawatil Qura’n di SDIT As Samadani, lomba praktek kesempurnaan gerakan dan bacaan solat fardhu di SDN Sukaraja 2  serta lomba adzan yang diselenggarakan Gedung LVRI Kab. Sumedang.

Kegiatan Pentas PAI tersebut dibuka secara langsung oleh Bupati Sumedang, H. Eka Setiawan dan dihadiri oleh Kepala Dinas Pendidikan Kab. Sumedang, Drs. H. Sonsosn M Nurikhsan, M. Si, Kepala Kantor Kementerian Agama, H. Hasen, S.Ag, M.Si,  Ketua PGRI, Dedi Nurhayat, unsur Forkopimda,  serta unsur terkait lainnya.

Dikatakan ketua penyelenggara, Yusuf Buhori Muslim,M.Pd maksud dari diselenggarakannya Pentas PAI adalah sebagai ajang untuk memperkokoh jalinan silaturahmi fungsional dalam upaya menopang ukhuwah Islamiyah baik di kalangan guru PAI dan seluruh stakeholder PAI di Kab. Sumedang.

“Kegiatan ini diharapkan bisa menjadi media untuk bersilaturahmi juga sebagai wahana untuk menumbuhkan semangat juang dalam upaya mewujudkan generasi Islami masa depan yang cerdas, beriman dan bertaqwa serta sebagai momen penumbuh motivasi siswa untuk lebih mengenal nilai-nilai Agama Islam sebagai pedoman hidup,”tutur Yusuf.

Menurut Yusuf, peserta Pentas PAI adalah siswa dari kelas 1 - 5 SD dan merupakan siswa terbaik se-Kabupaten Sumedang, serta menghadirkan para dewan juri yang berasal dari unsur yang dipandang cakap dan layak serta berkapasitas profesional pada setiap bidang mata lomba. “Kegiatan ini diikuti oleh 572 siswa dengan 312 guru pembimbing serta sejumlah stakeholder PAI Se-Kabupaten Sumedang,”katanya.

Sementara itu, Bupati Eka dalam sambutannya mengatakan penyelenggaraan pendidikan baik yang dilaksanakan pada lembaga formal maupun non formal hendaknya mengutamakan pembentukan generasi yang berkualitas, menguasai Iptek serta melaksanakan Imtak (Iman dan Taqwa) dalam berkehidupan sehari-hari. Menurut Eka, pelaksanaan Pentas PAI selain menyelenggarakan beraneka lomba kreatif yang bernuansa religi, juga diharapkan dapat menjadi salah satu sarana aktualisasi diri bagi para peserta didik dalam hal pendalaman, penghayatan dan pengamalan nila-nilai Agama Islam.

“Mudah-mudahan, kegiatan seperti ini dapat memberikan motivasi kepada para peserta didik agar lebih bergairah dalam mempelajari dan mencintai pendidikan Agama Islam,”ujar Eka.

Dalam kesempatan tersebut, Eka juga menyampaikan apresiasinya atas terselenggaranya kegiatan tersebut. Menurut Eka, penyelenggaraan Sapta Lomba pada Pentas PAI di Kab. Sumedang diharapkan bisa diselenggarakan secara rutin setiap tahun, pasalnya moment bernuansa Islami tersebut merupakan salah satu upaya dalam rangka optimalisasi potensi dan SDM di Kab. Sumedang.

“Saya atas nama Pemerintah Kabupaten Sumedang, mengajak kepada seluruh masyarakat Sumedang untuk bersama-sama membina, mendidik serta melatih anak-anak kita sedini mungkin. Tunjukan prestasimu anak-anak Sumedang, saya percaya guru dan anak-anak sekolah di Sumedang hebat-hebat. Selamat bertanding dan tetap semangat,’’kata Eka diakhir sambutannya.

Setelah membuka Pentas Pai Tingkat Kab. Sumedang, Bupati Eka juga berkesempatan membuka secara langsung Pasanggiri Rampak Sekar dwp Dinas/Badan/Kantor dan Kecamatan Se-Kab. Sumedang yang dilaksanakan di Gedung Negara Kab. Sumedang.(hms/rls)

Berita Terkait