Wed,17 January 2018


Tedjo Edhi Purdjiatno:Ir Juanda memperkuat Nilai Tawar NKRI dimata Dunia

Indofakta 2017-12-13 19:42:37 Serba Serbi
Tedjo Edhi Purdjiatno:Ir Juanda memperkuat Nilai Tawar NKRI dimata Dunia

BANDUNG - Sejarah ialah cerita-cerita hebat yang pernah diperjuangan oleh siapapun pada masanya, tidak terkecuali Ir. Djuanda Kartawidjaja, seorang pria keturunan Pasundan Jawa Barat adalah salah satu tokoh yang menginisiasi lahirnya nama "Negara Kepulauaan." Berkat semangat dan kontribusinya ia begitu dikenang oleh para insan Maritim hingga saat ini. 

Hal ini disampaikan Laksamana TNI (Purn) Tedjo Edhi Purdijatno. Dari release yang diterima indofakta online (13/12/17), Tedjo mengatakan,  "Sumbangan terbesar pada masanya ialah Deklarasi Djuanda pada tanggal 13 Desember tahun 1957 yang menegaskan bahwa laut Indonesia adalah laut diantara pulau-pulau yang berada dalam satu kesatuan di wilayah NKRI, Ir Djuanda telah menunjukkan tekadnya untuk mempersatukan Indonesia dari laut dan pulau-pulau di Nusantara," tandasnya.

Sebagai sosok sederhana, santun dan visoner Ir. Djuanda tidak memiliki ambisi untuk berpolitik praktis, "walaupun pada masa hidupnya,  ia pernah di percaya menjadi Menteri pada era Soekarno. 

Karena bagi Ir Djuanda, politik ialah instrumen untuk mewujudkan kesejahteraan dan keadilan bagi seluruh rakyat Indonesia," jelas Tedjo Edhi Purdijatno di Universitas Muhammadiyah Malang.

Selain memperkuat sektor laut, ia juga menggagas prinsip-prinsip negara kepulauan. Karena hal ini akan menjadi pondasi yang dapat mempersatukan dan memperkuat nilai tawar NKRI di mata dunia internasional.

Tedjo menambahkan, "Negara ini memiliki tantangan besar dalam mewujudkan misi Presiden Jokowi untuk menjadikan Indonesia sebagai Poros Maritim Dunia. Untuk itu perbatasan laut dan pulau-pulau di Indonesia harus lebih diperkuat keamanannya,” tutup Menkopolhukam RI ke 12 ini. (Y CHS).

Berita Terkait