Thu,14 December 2017


PMI DIY Tanggap Darurat Dampak Siklon Tropis Cempaka†

Indofakta 2017-12-02 16:31:53 Serba Serbi
PMI DIY Tanggap Darurat Dampak Siklon Tropis Cempaka†

YOGYAKARTA -- Adanya dampak siklon tropis Cempaka yang melanda DIY pada 28 November 2017, Palang Merah Indonesia (PMI) Daerah Istimewa Yogyakarta sampai dengan Sabtu (2/12), telah mengerahkan 272 orang sukarelawan, 3 truk tangki air, 4 perahu karet, dan 16 ambulans.

Selain itu, mendistribusikan 1.180 selimut, 34 terpaulin, 98 baby kit, 255 hygine kit, 30 family kit, 50 kitchen set dan 150 jerigen.

PMI juga telah menerjunkan tim kesehatan untuk melayani masyarakat di Bantul (Jetis dan Imogiri) dan Kulon Progo (Panjatan). Sedangkan distribusi air bersih sebanyak 45.300 liter air di Paliyan Gunungkidul dan Imogiri Bantul.

Menurut Arif Rianto Budi Nugroho, ST, M.Si, Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana PMI DIY, distribusi air terutama untuk daerah terdampak banjir yang memang sangat membutuhkan air bersih. 

"Selain juga melakukan pembersihan di daerah Imogiri dan Paliyan, mendistribusikan makanan melalui layanan dapur umum di Desa Sriharjo, Imogiri, Bantul " papar Arif Rianto, Sabtu (2/12).

Ada pula well cleaning di SMPN 2 Imogiri, TK PKK 91 Sariharjo, masjid di Sompok Bantul. Di Paliyan Gunungkidul, selain pembersihan lokasi, sukarelawan juga membuatkan tandon air dari terpal.

Ketua PMI DIY, GBPH. H. Prabukusumo, S.Psi, mengatakan, saat ini masyarakat terdampak, terutama di Gunungkidul, Bantul dan Kulon Progo, masih membutuhkan alat kebersihan seperti sekop, ember, alat pel, cairan pembersih dan lainnya.

Juga air bersih, kebutuhan bayi, lansia, ibu hamil, hygiene kit, selimut, alat penerangan dan bak air. "Untuk itu saya mengajak masyarakat, pihak swasta atau donatur untuk turut membantu kebutuhan masyarakat di wilayah DIY melalui PMI," terang GBPH Prabukusumo.

Untuk respon selanjutnya, PMI DIY akan melanjutkan pelayanan distribusi air bersih dan bantuan logistik, pelayanan kesehatan, pembersihan, well cleaning, dapur umum. "Ditambah dengan pelayanan promosi kesehatan dan dukungan psikososial," papar Prabukusumo.

Masyarakat, pihak swasta atau donatur yang akan membantu bisa langsung menghubungi Posko PMI DIY telepon (0274) 6499652 atau melalui rekening Bank Mandiri Kc. Yogyakarta Sudirman an. Penanggulangan Bencana PMI DIY, No. Rek 137.00074.4959.4.

Gusti Prabu mengucapkan terima kasih sekaligus mengajak seluruh lapisan masyarakat, pemerintah, swasta dan media untuk terus bersama PMI DIY. "Terutama membantu masyarakat di daerah-daerah yang terkena dampak siklon tropis Cempaka di DIY," jelas Prabukusumo.

Sampai dengan tanggal 2 Desember 2017 donasi yang masuk ke rekening PMI DIY telah terkumpul Rp. 6,4 juta. Untuk membangun semangat persaudaraan serta kepedulian terhadap kemanusiaan, PMI DIY membutuhkan jejaring yang luas. (Affan)

 

Berita Terkait