Thu,14 December 2017


Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Perubahan Regulasi Retribusi Daerah

Indofakta 2017-12-02 16:28:04 Politik
 Pemprov. Jabar Ungkap Rencana Perubahan Regulasi Retribusi Daerah

JABAR -- Pemprov. Jabar saat ini berencana mengubah Regulasi berupa Perda yang mengatur soal Retribusi Daerah. Hal ini, diungkapkan Gubernur Jabar, H. Ahmad Heryawan dalam sidang paripurna DPRD Jabar yang berlangsung pekan ini.

Menurut Gubernur Perda yang mengatur soal Retribusi Daerah diatur dalam Perda Nomor 14 Tahun 2011. Dari sisi legal aspek dengan diberlakukannya UU Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah, rencananya Perda itu akan diubah.

Dalam rencana perubahan ini, untuk keseluruhan penerimaan dari retribusi daerah akan mengalami kenaikan dengan adanya penambahan objek pungutan yang dilimpahkan kepada daerah Provinsi dan hasil identifikasi potensi yang dimuat dalam regulasi yang baru.

Penambahan potensi atas peralihan kewenangan dari Pemerintah Pusat dan Pemerintah Kabupaten/Kota kepada Pemerintah Provinsi berpengaruh terhadap penghitungan berdasarkan jumlah wajib retribusi.

Dari penambahan objek pungutan yang dominan dan akan menjadi bagian dari struktur pendapatan retribusi daerah diantaranya adalah pendapatan dan penyelenggaraan Terminal tipe B, pengelolaan aset SMA dan SMK , pengelolaan Balai Konservasi Sumber Daya Kelautan dan Perikanan di Kabupaten Sukabumi serta objek pungutan sebagai hasil indentifikasi potensi antara lain pemanfaatan eks venue Cabor PON XIX.

Rencana Perubahan Perda yang mengatur soal retribusi daerah ujar Gubernur merupakan langkah konkrit untuk meningkatkan PAD melalui upaya mengakomodasikan hasil identifikasi potensi, pelimpahan kewenangan, dan penyesuaian tarif retribusi.(nur)

Berita Terkait