Thu,14 December 2017


MDMC Dorong Ketangguhan Masyarakat untuk Penanggulangan Bencana

Indofakta 2017-12-02 06:54:10 Nasional
 MDMC Dorong Ketangguhan Masyarakat untuk Penanggulangan Bencana

MALANG -- Muhammadiyah Disaster Management Center (MDMC) merangkul Relawan Muhammadiyah di seluruh Indonesia, Majelis Permusyawaratan Rakyat RI dan civitas akademik Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) dalam upaya penanggulangan bencana. 

 

Bertempat di Aula Dome UMM sejak 1 Desember 2017 diselenggarakan silaturahmi kebangsaan dengan tema "Empat Pilar untuk Ketangguhan Bangsa" yang dihadiri Ketua MDMC H. Budi  Setiawan ST beserta jajaran MDMC, Ketua MPR RI Dr. (HC) Zulkifli Hasan, dan Rektor UMM Drs. Fauzan M. Pd.

Rektor UMM, Drs Fauzan M. Pd, sangat mendukung kegiatan penanggulangan bencana yang dilakukan relawan MDMC. Dan, hal itu sejalan dengan tujuan UMM: dari Muhammadiyah untuk Bangsa.

"Maka saya mengimbau kepada civitas akademik UMM untuk terlibat dan mengambil peran dalam penanggulangan bencana," ungkap Fauzan, Sabtu (2/11).

 

Dalam kegiatan penanggulangan bencana di Indonesia, seperti disampaikan Ketua MDMC, Budi Setiawan ST, menjadi tanggung jawab bersama. Dan seluruh masyarakat harus paham penanggulangan bencana secara mandiri. 

 

"Jambore ini sangat tepat untuk mengedukasi masyarakat terhadap pemahaman penanggulangan bencana secara dini," kata Budi Setiawan yang menambahkan momentum jambore sebagai upaya peningkatan kapasitas relawan dalam penanggulangan bencana.

 

Menurut Budi, relawan Muhammadiyah dari seluruh Indonesia yang hadir dalam jambore ini dengan semangat merekatkan kebersamaan untuk meningkatkan ketangguhan.

 

Ketua MPR RI Dr (HC) Zulkifli Hasan, menjelaskan, upaya yang telah dilakukan MDMC untuk penanggulangan bencana dapat diaplikasikan oleh seluruh lembaga penanggulangan bencana di Indonesia. 

 

"Terbukti, saat melakukan respon penanggulangan bencana di Rohingya, MDMD telah menunjukan kapasitasnya terhadap para terdampak bencana," kata Zulkifli Hasan.

 

Bagi Zulkifli, semangat relawan Muhammadiyah dapat ditularkan kepada seluruh masyarakat Indonesia. "Sehingga cita-cita ketangguhan bangsa untuk penanggulangan bencana dapat tercapai," papar Zulkifli Hasan. (Affan)

Berita Terkait