Thu,14 December 2017


CIANJUR SIAGA BENCANA ALAM

Indofakta 2017-11-29 16:25:01 Daerah
CIANJUR SIAGA BENCANA ALAM

CIANJUR -- Hujan dengan intensitas tinggi disertai angin kencang terjadi sejak hari Selasa di hampir seluruh wilayah Cianjur, terutama di wilayah Cianjur Selatan, yang mengakibatkan terjadinya bencana di beberapa wilayah seperti banjir, tanah longsor/pergerakan tanah dan angin kencang.

Informasi yang diterima dari BPBD Kabupaten Cianjur, telah terjadi bencana longsor dan pergerakan tanah di Kp. Pasirmata RT 05/04 Desa Selagedang Kec. Pagelaran mengakibatkan 4 rumah rusak. Pergerakan tanah juga terjadi di Kp. Lengkobsari RT 04/02 Desa Margaluyu Kec. Tanggeung, dan di Pasir Kaliki RT 05/05 Desa Sukabungah Kec. Campakamulya mengakibatkan 1 unit rumah milik Saefulloh (35 th) rusak berat, 7 unit rumah terancam, 2 Ha sawah rusak berat, 4 Ha terancam dan jalan amblas seluas 3 meter.

Bencana tanah longsor terjadi di Kp. Cimariuk RT02/06 Desa Mekarlaksana Kec. Sindangbarang, mengakibatkan 19 unit rumah (27 KK) kemungkinan terkena longsor. Tanah longsor juga terjadi di Jembatan Cekdam Desa Cimaskara Kec. Cibinong mengakibatkan ambruknya jembatan, sehingga terputusnya akses jalan antara Desa Cimaskara Kec. Cibinong ke Desa Padasuka dan Mekarwangi Kec. Cikadu dan akses jalan menuju Kabupaten Bandung.

Selain bencana longsor dan pergerakan tanah, juga telah terjadi bencana banjir di Desa Bojongkaso dan Kp. Bojongterong Desa Mekarsari Kec. Agrabinta yang mengakibatkan rumah penduduk terendam, tercatat 2 korban hanyut atas nama Endin (67 tahun) belum ditemukan jasadnya dan Hobiah (50 tahun) sudah ditemukan.

Hingga saat ini, upaya yang telah dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Cianjur antara lain berkoordinasi dengan aparat setempat, melakukan asessment atau kajian sementara, memberikan bantuan logistik, pada kesempatan tersebut Bupati Cianjur H. Irvan Rivano Muchtar menyerahkan bantuan berupa beras dan family kit serta tas perlengkapan anak sekolah, serta upaya melakukan evakuasi masyarakat yang terdampak banjir dengan menggunakan perahu karet untuk melakukan pencarian korban hanyut.

Pemerintah Kabupaten Cianjur menghimbau kepada masyarakat Cianjur untuk meningkatkan kesiapsiagaan dan kewaspadaan terhadap kemungkinan terjadinya bencana  @info bencana hotline BPBD Kab. Cianjur (0263) 2912416 (rls /hms)

Berita Terkait