Thu,14 December 2017


Sumedang Raih Penghargaan Swastisaba Wistara

Indofakta 2017-11-29 16:15:47 Nasional
Sumedang Raih Penghargaan Swastisaba Wistara

JAKARTA --  Harapan Pemerintah Kabupaten Sumedang untuk dapat meraih gelar Kabupaten Sehat, kini akhirnya bisa terwujud setelah Kementerian Dalam Negeri dan Kementerian Kesehatan RI resmi memberikan anugrah Swasti Saba Wistara kepada Pemkab Sumedang, di Sasana Bhakti Praja Kemendagri Jl. Medan Merdeka Utara Jakarta, Selasa, (28/11) lalu.

Dalam agenda penganugerahan Kabupaten/Kota Sehat se-Indonesia 2017 tersebut, Kabupaten Sumedang berhasil masuk sebagai salah satu daerah yang dianugrahi Kabupaten Sehat dengan tatanan tertinggi.

Prestasi yang diraih ini tentu menjadi kebanggan tersendiri bagi Pemkab Sumedang. Pasalnya, anugrah yang diterimanya itu merupakan sebuah  penghargaan tertinggi dalam ajang kabupaten sehat se-Indonesia.

Seperti diungkapkan Bupati Sumedang H. Eka Setiawan, sesaat setelah menerima penghargaan tersebut. "Penghargaan ini merupakan sebuah bukti nyata kalau Kabupaten Sumedang itu merupakan daerah yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk," katanya, Rabu (29/11).

Untuk mendapatkan penghargaan tertinggi ini, kata Eka, tentu bukan karena kebetulan, melainkan hasil perjuangan keras semua komponen, termasuk masyarakat dan Tim Kabupaten Sehat yang telah dibentuk melalui Keputusan Bupati Sumedang  Nomor 440/Kep.355-Bapp/2012 Tentang Pembentukan Tim Pembina dan Tim Teknis Kabupaten Sehat  Tahun 2012-2015.

"Swasti Saba Wistara ini merupakan penghargaan tertinggi yang kita raih di Bidang Kesehatan, setelah pada tahun-tahun sebelumnya kita hanya mampu meraih Swasti Saba Padapa pada tahun 2013, dan Swasti Saba Wiwerda di tahun 2015 lalu," katanya.

Dijelaskan Eka, Kabupaten/Kota Sehat ini adalah suatu kondisi kabupaten yang bersih, nyaman, aman dan sehat untuk dihuni penduduk, yang dicapai melalui terselenggaranya penerapan beberapa tatanan dengan kegiatan yang terintegrasi yang disepakati masyarakat dan pemerintah daerah.

Adapun Tatanan Kabupaten Sehat tersebut adalah tatanan Kawasan permukiman, sarana dan prasarana umum, kawasan sarana lalu lintas tertib dan pelayanan transportasi, Kawasan pertambangan sehat, Kawasan hutan sehat, Kawasan industri dan perkantoran sehat, Kawasan pariwisata sehat, Kawasan pangan dan gizi Kehidupan masyarakat sehat yang mandiri dan Kehidupan sosial yang sehat.

Sementara itu, dari 9 tatanan yang ada, Kab. Sumedang memilih sebanyak 5 Tatanan Klasifikasi Swastisaba Wistara, yaitu Tatanan kawasan permukiman sarana dan prasarana umum, Tatanan kehidupan masyarakat sehat yang mandiri, Tatanan kawasan hutan sehat, Tatanan kawasan pangan dan gizi serta Tatanan kehidupan sosial yang sehat.(Rls/hms)

Berita Terkait