Thu,14 December 2017


Masyarakat Diimbau Untuk Dapat Menjaga Aset Sertifikat Tanah Dengan Baik

Indofakta 2017-11-27 19:11:54 Daerah
Masyarakat Diimbau Untuk Dapat Menjaga Aset Sertifikat Tanah Dengan Baik

SUMEDANG -- Karena memiliki nilai ekonomi tinggi, Bupati Sumedang H. Eka Setiawan berharap para penerima program Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL) yang telah mendapatkan sertifikatnya agar dapat menjaga asetnya tersebut dengan baik dan digunakan untuk hal-hal yang sifatnya ekonomis.

Sebagaimana diungkapkan Bupati sesaat setelah menyerahkan sebanyak 250 Sertifikat tanah secara simbolis kepada warga penerima program PTSL di Aula Kantor Desa Sindangpakuon Kecamatan Cimanggung, Senin, (27/11/2017), dengan terbitnya sertifikat tanah, secara serta merta itu (sertifikat) akan menjadi aset dan bisa pula digunakan sebagai modal usaha masyarakat.

"PTSL ini merupakan program nasional yang bertujuan mempermudah masyarakat untuk mendapatkan sertifikat tanah. Karena sebagaimana kita ketahui, kalau kita mengurus sendiri tentunya memerlukan waktu yang tidak sebentar dengan biaya cukup tinggi pula," ujarnya.

Dengan demikian, lanjut Eka, hadirnya program PTSL khususnya bagi masyarakat Kab. Sumedang diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya, namun jangan sampai setelah menerima sertifikat lantas berubah perilaku menjadi konsumtif.

"Bijak lah dalam menggunakan sertifikatnya karena memang memiliki nilai ekonomi tinggi terlebih di daerah Cimanggung ini, karena banyak juga sertifikat tanah yang 'disakolakeun'," tutur Eka.

Dikatakan Kepala Kantor Badan Pertanahan Nasional Kab. Sumedang Yoyon Sanjaya, setelah melakukan penyerahan sebanyak 500 lembar sertifikat pada tanggal 22 November lalu di Kecamatan Cisitu, saat itu diserahkan pula sebanyak 250 lembar sertifikat untuk warga Desa Mangun Arga Kec. Cimanggung.

Dikatakan Yoyon lebih lanjut, tahun 2018 mendatang juga telah ditargetkan seribu bidang tanah di wilayah Cimanggung yang akan disertifikatkan. "Tahun ini Cimanggung mendapat jatah sebanyak 250 bidang, dan tahun depan (2018) akan didaftarkan untuk 1.000 bidang tanah. Mohon dukungannya pula kepada Pak Bupati (Eka) beserta Camat dan Kepala Desa demi lancarnya program ini nanti," tuturnya.

Pada kesempatan tersebut, selain diisi oleh acara penyerahan sertifikat tanah juga telah dilakukan penandatanganan hibah Bina Desa oleh Rektor Universitas Padjajaran yang diwakili olek Ketua Prodi Tekhnik Elektro Unpad M. Taufik kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang, dalam rangka kegiatan pemasangan listrik tenaga surya di Kampung Cigumentong Desa Sindulang Kec. Cimanggung.

Dalam program tersebut, telah berhasil terpasang instalasi listrik sebanyak 550 Watt dimana sesuai dengan kesepakatan yang telah dibuat bersama warga setempat, sebanyak 450 Watt digunakan untuk dipasang di Aula kampung, sementara 150 Watt sisanya digunakan untuk Penerangan Jalan Umum yang diletakan pada 6 (enam) lokasi di Kampung Cigumentong. (hms/rls)

Berita Terkait