Thu,14 December 2017


PMI DIY Adakan Simulasi Penanggulangan Bencana

Indofakta 2017-11-27 06:34:07 Serba Serbi
PMI DIY Adakan Simulasi Penanggulangan Bencana

SLEMAN -- Bertempat di Markas PMI DIY, Jl. Ringroad Barat (Siliwangi) No. 3 Pathuk, Banyuraden, Gamping, Sleman, dengan melibatkan 100 orang pengurus, staf dan sukarelawan, Palang Merah Indonesia Daerah Istimewa Yogyakarta (PMI DIY) menyelenggarakan simulasi penanggulangan bencana dan logistik kejadian bencana erupsi Gunung Merapi, Minggu (26/11).

Seperti disampaikan Arif Rianto Budi Nugroho, ST, M.Si, Wakil Ketua Bidang Penggulangan Bencana PMI DIY, dukungan personel dan logistik sangat berpengaruh pada respon bantuan saat tanggap darurat. 

Selain untuk membangun sinergi, komitmen bersama entitas PMI DIY terkait penanggulangan bencana dan Posko PMI, kegiatan ini juga untuk mengindentifikasi kesenjangan pengetahuan dan mekanisme alur penanganan bencana.

"Sebagai dasar penguatan logistik dan posko dan juga untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan serta sosialisasi sistem penanggulangan bencana dan logistik PMI kepada personel Palang Merah di DIY," ungkap Arif.

Kegiatan simulasi dilaksanakan dalam 2 tahap, yakni Sabtu (25/11) berupa simulasi table top exercise (TTX) tentang manajemen posko, logistik, assessment dan distribusi bantuan. 

Hari ke dua Minggu (26/11) simulasi penanganan bencana erupsi Gunung Merapi, mulai dari kesiapan sarana prasarana posko, analisa situasi, analisa kebutuhan pengungsi, gudang dan transportasi sampai dengan perencanaan distribusi, layout gudang, serta pendistribusian barang bantuan dan pelaporan.

Ketua PMI DIY, GPBH H. Prabukusumo, S.Psi, menuturkan, PMI DIY dengan sumber daya yang dimiliki meliputi sukarelawan, posko dan logistik, dapat mendukung pemerintah dalam upaya menangani bencana. "Sewaktu-waktu dibutuhkan PMI selalu siap, minimal enam jam setelah kejadian bencana," tandas Prabukusumo, Minggu (26/11).

Dikatakan Prabukusumo, sukarelawan PMI DIY sebagai ujung tombak organisasi, sekarang ini berjumlah 4.793 orang. 

"Dengan pengetahuan dan ketrampilannya semua komponen PMI sebagai insan pekerja kemanusiaan saya harapkan untuk terus tak henti dan tak kenal lelah membantu masyarakat bekerja untuk kemanusiaan," kata Gusti Prabu didampingi Arif Rianto Budi Nugroho (Wakil Ketua Bidang Penanggulangan Bencana), Ahmad Zaki Ali (Staf Bidang Penanggulangan Bencana, Posko & PSD) dan Warjiyani (Staf Kominfo). (Affan)

 

Berita Terkait